Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tidak Diijinkan Tokyo Verdy, Pratama Arhan Tidak Bermain di SEA Games Vietnam

Pratama Arhan
Pratama Arhan saat berlatih bersama klubnya, Tokyo Verdy, Jepang. (facebook.com/tokyofc/photos)

MURIANEWS, Jakarta- Pratama Arhan yang saat ini bermain untuk klub Jepang Tokyo Verdy, dipastikan tidak bisa membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games Vietnam. Pemain ini tidak diijinkan klubnya untuk mengikuti turnamen yang tidak masuk dalam kalender FIFA ini.

Kepastian ini juga sudah dikonfirmasi oleh PSSI. Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, Pratama Arhan memang tidak mendapatkan ijin dari klub Tokyo Verdy, Jepang. PSSI dalam hal ini sudah menghubungi klub yang menaungi Pratama Arhan ini, dan mendapatkan jawaban seperti itu.

“Untuk (Pratama) Arhan dipastikan tidak bisa bela timnas U-23 Indonesia,” kata Yunus Nusi, seperti dilansir di laman resmi PSSI.

Pratama Arhan termasuk salah satu pemain abroad yang dimiliki Indonesia. Mantan gelandang PSIS Semarang itu saat ini bermain untuk klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy. Sampai saat ini, Pratama Arhan memang belum melakukan debut di Negeri Sakura.

Tidak adanya ijin untuk Pratama Arhan, disebutkan karena Tokyo Verdy merencanakan sebuah pertandingan promosi agar menarik perhatian para WNI melihat pertandingan mereka. Tokyo Verdy dijadwalkan menghadapi Vegalta Sendai pada 4 Mei 2022.

BACA JUGA: Pratama Arhan dan Pemain Tokyo Verdy Kenakan Batik Saat Promosi Tiket Pertandingan

Jadwal pertandingan yang berdekatan dengan SEA Games 2021 itulah yang menjadi alasan mereka tak melepas Pratama Arhan. SEA Games 2021, yang akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022. Termasuk untuk pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23, Arhan juga tidak dijinkan karena berpotensi dimainkan Tokyo Verdy.

Yunus Nusi mengakui Tokyo Verdy sudah mengonfirmasi tidak akan melepas Arhan ke SEA Games 2021. Keputusan itu bisa dimaklumi karena SEA Games bukan merupakan rangkaian FIFA Matchday.

“Tidak ikut SEA Games (2021). PSSI memahami dan tidak memaksa (pihak klub) karena memang bukan FIFA Matchday,” jelas Yunus Nusi.

Dengan demikian, untuk SEA Games Vietnam, Timnas Indonesia U-23 dipastikan tidak akan bisa menggunakan pemain-pemain terbaiknya. Selain Pratama Arhan, dua pemain lainnya Elkan Baggott dan Saddil Ramdani juga dipastikan tidak bisa berangkat.

Seperti halnya Pratama Arhan, baik Elkan Baggott dan Saddil Ramdani juga tidak mendapatkan ijin dari klubnya masing-masing. Elkan Baggott tak dilepas klub Inggris, Ipswich Town, sementara Saddil Ramdani ditahan klub Malaysia, Sabah FC.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: PSSI

Comments
Loading...