Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Dapat Jatah 454 Calon Haji Diberangkatkan Tahun Ini

Pelayanan Haji di Kemenag Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus telah mendapatkan jatah kuota calon jemaah haji yang akan diberangkatkan di tahun 2022 ini. Rencananya ada 454 calon jemaah haji yang masuk daftar pemberangkatan dari Kudus, Jawa Tengah.

Jika dibandingkan kuota keberangkatan haji dari sebelumnya, jumlah tersebut mengalami penurunan hingga 50 persen lebih.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kudus, Asrul Fatkhi membenarkan bahwa Kudus mendapatkan 454 kuota calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dan nama calon jemaah juga sudah ditentukan.

Baca: Kuota Haji Jepara Diprediksi Hanya 544 Kursi

Mereka yang akan berangkat tahun ini, yakni bagian dari 1.031 calon jemaah yang gagal berangkat pada tahun 2020 lalu.

“Kami diminta untuk verifikasi, ternyata ada enam nama yang sudah mengundurkan diri. Akhirnya saya verifikasi ulang ke pusat. Nanti nama-namanya pengganti juga dari pusat,” katanya, Selasa (26/4/2022).

Meski demikian, ia menyebut kuota calon pemberangkatan haji tersebut belum merupakan tahap final. Kuota tersebut bisa berubah-ubah sewaktu-waktu.

“Kuotanya masih bisa berkurang ataupun bertambah jika ada kabupaten/kota lain yang mungkin tidak bisa memenuhi kuotanya lalu Kudus dapat tambahan, itu juga bisa,” ujarnya.

Baca: Kemenag Usulkan Kuota 110.500 Calon Jemaah Haji Tahun Ini

Saat ini pihaknya masih menunggu rencana keberangkatan calon jemaah haji dari Kudus. Jika berdasarkan informasi, kloter pertama pemberangkatan haji dari Jawa Tengah akan dilakukan sekitar awal bulan Juni 2022.

“Untuk Kudus kami masih tunggu kepastian tanggal keberangkatanya. Kami juga sudah persiapkan seperti paspor-paspor calon jemaah haji,” ujarnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...