Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sejumlah Perusahaan di Kudus Ketahuan Belum Bayar THR

Salah satu buruh rokok di Kudus tengah menunjukkan uang THRnya dan rekan-rekannya. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah perusahaan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, belum membayar tunjangan hari raya (THR) bagi karyawannya, hingga Selasa (26/4/2022). Padahal sebelumnya perusaahan sudah diingatkan untuk membayar THR masimal sepekan sebelum Idulfitri.

Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disnaker perinkop UKM) Kabupaten Kudus menyebutkan, jika perusahaan yang belum membayar THR rata-rata perusahaan kecil.

“Dari sekitar 190-an perusahaan yang telah kami surati, memang ada sejumlah perusahaan kecil yang belum melakukan pembayaran THR hingga hari ini,” kata  Kabid Hubungan Industrial dan Perselisihan Tenaga Kerja Disnaker perinkop UKM Kudus Agus Juanto, Selasa (26/4/2022).

Walau begitu, Agus memastikan perusahaan yang belum membayarkan THR telah berkomitmen untuk membayarkannya di lain hari.

“Ada yang hari ini dicairkan, ada yang besok baru dicairkan. Ternyata dari tahun ke tahun juga seperti itu, alasannya karena kalau THR nya dicairkan awal nanti pekerjanya pada tidak berangkat,”  ujarnya.

Baca: Perusahaan Rokok di Kudus Mulai Cairkan THR, Nilainya Bikin Melongo

Dinas sendiri, lanjut Agus, hingga kini masih melakukan pemantauan terkait pencairan dan pembayaran THR bagi para pekerja di Kabupaten Kudus. Hasilnya, belum ditemukan adanya perusahaan yang tidak sanggup membayar THR karyawannya.

Selain itu, pihak dinas juga belum menerima surat permintaan keringanan pembayaran THR dengan sistem cicil. Bahkan, perusahaan yang mencicil THR karyawannya tahun kemarin, untuk tahun ini bisa membayarkan secara langsung.

“Untuk perusahaan-perusahaan besar malah sebelum H-7 sudah pada mencairkan THRnya, sementara yang kecil-kecil memang masih berproses,” pungkasnya.

Baca: Ganjar Ungkap Ada 78 Perusahaan di Jateng Belum Bayar THR, Ada yang dari Kudus

Bupati Kudus HM Hartopo sendiri menghendaki tidak ada perusahaan di Kudus yang membayarkan THR karyawannya dengan cara dicicil. Mereka diminta untuk membayarkannya langsung dan penuh.

Nominal THR sudah diatur dalam Permenaker Nomor 6 Tahun 2016. Di mana nominal yang didapatkan adalah sesuai masa kerjanya, lebih dari satu tahun atau kurang dari satu tahun.

Untuk pekerja dengan masa kerja lebih dari 12 bulan atau satu tahun lebih, maka yang bersangkutan berhak menerima satu kali upahnya.

Sementara untuk pekerja dengan masa kerja di bawah satu tahun atau 12 bulan, maka akan mendapatkan THR sesuai masa kerjanya secara proporsional.

Adapun, penghitungan secara proporsional adalah dengan cara masa kerja dikali gaji bulanan kemudian dibagi 12 bulan.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...