Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Idulfitri Jadi Momen Pemulihan Ekonomi Nasional

Idulfitri Jadi Momen Pemulihan Ekonomi Nasional
Pedagang Pasar Puri berjualan dengan masker di dagu saat transaksi dengan konsumen. (MURIANEWS/Cholis Anwar)si pasar

MURIANEWS, Jakarta- Pemerintah terus berupaya untuk menyelamatkan ekonomi negara melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program juga menyasar kepada masyarakat dengan peningkatan target melalui daya konsumsi masyarakat.

Karena itu, pemerintah pun berupaya untuk memberikan berbagai bantuan sosial agar daya konsumsi masyarakat tetap terjaga, terlebih memasuki idulfitri tahun ini. sehingga, nantinya melalui program sosial tersebut dapat menyembuhkan ekonomi nasional.

Pengamat Ekonomi Rakyat Mirah Kusumaningrum mengatakan, pada tahun 2022 ini dana bantuan bidang penguatan pemulihan ekonomi masyarakat program PEN ini mencapai Rp 141,1 triliun.

“Pada anggaran PEN 2022, terdapat tiga program atau kluster yang masih akan bergulir selama setahun ke depan yaitu bidang kesehatan (Rp117,9 triliun), perlindungan masyarakat (Rp154,8 triliun), dan penguatan pemulihan ekonomi (Rp141,4 triliun),” terangnya.

Baca: Info Tempat Pengisian Kendaraan Listrik di Jalan Tol Trans Jawa, Ini Lokasinya

Pagu anggaran terbesar yaitu ditujukan untuk kebutuhan perlindungan masyarakat. Pada program ini, sejumlah program bantuan sosial yang ada pada tahun sebelumnya akan kembali digulirkan.

“Belum lagi terhitung bantuan ekonomi Crash Program seperti BLT minyak goreng yang digelontorkan bulan ini sebagai akibat fenomena dadakan langkanya minyak goreng di pasaran akibat harga CPO dunia yang melangit,” imbuhnya.

Dia mneilai, Ketua DPR RI Puan Maharani baru-baru lalu juga mengharapkan pada Pemerintah agar penyaluran THR dan Gaji ke-13 untuk ASN dapat sampai tepat waktu, sehingga tentu saja masyarakat dapat dengan segera menggunakan untuk berbelanja keperluan lebaran.

Baca: Keuangan Syariah Dipercaya Mampu Percepat Pemulihan Ekonomi

Dengan berbagai bantuan tersebut sudah selayaknya masyarakat juga cerdas dalam menggunakan dan membelanjakan bantuannya, sehingga bantuan tersebut bisa menjadi bola salju yang makin lama bergulir akan makin membesar.

“Dengan demikian belanja konsumsi kita tidak hanya memenuhi kebutuhan kita di Hari Raya, tapi juga membantu tetangga kita, membantu sanak famili handai taulan, membantu masyarakat dan bangsa kita dan pada akhirnya juga akan membantu diri kita sendiri,” terang Mirah.

Menurutnya, jika kesadaran berbelanja konsumsi seperti di atas diterapkan juga pada pola belanja online kita (E- Commerce) maka cita cita Indonesia manjadi superpower ekonomi dunia akan lebih cepat tercapai.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...