Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Persiapan May Day 2022, Partai Buruh Berencana Gelar Perhelatan di JIS

Persiapan May Day 2022, Partai Buruh Berencana Gelar Perhelatan di JIS
Ratusan buruh dari berbagai organisasi serikat pekerja saat menggelar pawai di depan Kantor Gubernur Jateng, Rabu (10/11/2021). (Istimewa/KSPI Jateng)

MURIANEWS, Jakarta- Partai Buruh sudah mulai mempersiapkan rencana untuk menggelar selebrasi May Day tahun ini. Bahkan acara itu akan dilaksanakan secara meriah dan dihadiri oleh empat konfederasi buruh. Sehingga, akan ada banyak buruh yang turut hadir dalam terhelatan tersebut.

Dedengkot Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, untuk selebrasi May Day rencananya akan dihelat pada 14 mei 2022. Sementara untuk lokasinya, Said melirik Jakarta Internasional Stadium (JIS) milik Pemprov DKI Jakarta yang baru selesai dibangan.

Said beralasan, penggunaan stadion besar seperti JIS biasa dilakukan, bahkan di dunia sudah biasa menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang. Selain diperuntukkan kegiatan olahraga seperti sepak bola, kata Said, stadion juga dioperasikan untuk kegiatan di luar kegiatan olahraga. Misalnya, konser musik dan perhelatan pertemuan akbar.

Bahkan pihaknya berani membayar uang jaminan untuk menyewa JIS tersebut, apalagi lanjut Said, perhelatan ini adalah desakan dari para buruh.

Baca: May Day di Jepara Dirayakan dengan Demo dan Ngerjai Ketua Buruh yang Ultah

“Kita bayar kalau menggunakan JIS sesuai peruntukannya, bahkan kami akan membayar uang jaminan, itu biasa di GBK, Istora, di Sport Mall Kelapa Gading, itu biasa, itu namanya ada uang jaminan,” kata Said dalam konferensi pers virtual, dikutip dari YouTube Bicaralah Buruh, Selasa (25/4/2022).

Rencananya, perhelatan May Day Celebration diikuti empat konfederasi, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Selain itu, juga terdapat 50-60 federasi serikat pekerja tingkat nasional yang turut merapat dalam agenda tersebut.

Sementara untuk perayaan May Day kali ini, Partai Buruh bersama elemen buruh lainnya berencana menggelar aksi di dua lokasi dan waktu yang berbeda. Dua lokasi tersebut yakni Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 1 Mei dan Gedung DPR RI pada 14 Mei.

Baca: Buruh KSPSI Tak Akan Gelar Demo di May Day, Alasannya Tak Mau Ada Klaster Baru

“Mengapa di KPU? Karena bagi kelas pekerja, tahun 2024 menjadi penting karena akan terjadi pemilu untuk memilih anggota legislatif dan eksekutif, baik pilpres yang baru maupun pilkada,” terang Said.

Selain itu, penyelenggaraan Pemilu 2024 juga menjadi penting bagi kelas pekerja karena momentum tersebut akan berimplikasi terhadap masa depan mereka.

Adapun untuk pelaksanaan aksi di Gedung DPR RI, estimasi massa diperkirakan mencapai 100.000 buruh.

“Jumlah massa 100.000 orang dari pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB, ada 15 tuntutan kepada DPR RI,” imbuhnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Bicaralah Buruh

Comments
Loading...