Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dua Ruas Baru Jalan Tol Trans Sumatera Difungsikan untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran

Dua Ruas Baru Jalan Tol Trans Sumatera Difungsikan untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran
Foto: Dua ruas tol Trans Sumatera (bpjt.pu.go.id)

MURIANEWS, Kudus– Para pemudik yang menuju wilayah Sumatera bisa jadi akan lebih cepat sampai di kampung halaman. Ini menyusul dioperasikanya dua ruas jalan tol trans Sumatra untuk keperluan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Melansir dari laman Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya mengoperasikan secara fungsional dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera.

Yakni Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 Km) dan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 Km) yang diperuntukkan khusus untuk kendaraan kecil atau Golongan I.

Baca juga: Sejarah Jalan Tol di Indonesia, Pembangunan Pertama Dimulai Tahun 1975 dengan Panjang 59 Kilometer

Fungsionalisasi kedua ruas tol ini dalam rangka mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan dan dukungan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik menuju wilayah disekitar kedua ruas tol tersebut.

Kedua ruas tol akan dikhususkan dibuka selama arus mudik dan balik Lebaran. Pemudik diimbau memperhatikan kecepatan maksimum, yakni 60 km/jam.

Setelah melalui rangkaian Uji Laik Fungsi (ULF), kedua ruas tol fungsional tersebut dibuka satu arah mulai arus mudik pada H-7 Lebaran pada Selasa (26/4/2022) dan arus balik sampai H+7 pada Senin (9/5/2022).

Untuk arus mudik Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB fungsional dari arah Pekanbaru menuju ke arah Bangkinang. Sedangkan pada arus balik, dibuka bagi kendaraan dari Bangkinang ke arah Pekanbaru.

Kemudian untuk Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: bpjt.pu.go.id

Comments
Loading...