Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

23 Juta Pemudik Diprediksi Lewati Jateng, Ganjar: Jalur Alternatif Sudah Siap 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Bupati Blora Arief Rohman saat memberikan keterangan kepada awak media. (MURIANEWS/Nathan)

MURIANEWS, Blora – Sebanyak 23 juta pemudik diprediksi akan melewati Jawa Tengah (Jateng) dalam mudik Lebaran tahun ini. Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku siap. Apalagi, sejauh ini pihaknya sudah menyiapkan jalur-jalur alternatif yang siap dilalui.

”Kesiapan arus mudik, Insyallah siap. Kemarin menko PMK, Menhub, kakorlantas ke Jawa Tengah melakukan pengecekan,” ucap Gubernur Jateng usai Musrenbangwil di Pendapa Bupati Blora, Senin (25/4/2022).

Ganjar menjelaskan, sejauh ini pihaknya juga sudah melakukan simulasi keberadaan jalur – jalur alternatif tersebut. Tak hanya itu, ia juga selalu meng-update jalur tersebut supaya bisa dilalui dengan nyaman.

Untuk jalur alternatif, pihaknya pun menawarkan jalur selatan. Selain jalannya bagus, jalur tersebut sudah memiliki banyak rambu yang bisa menuntun para pemudik supaya tidak tersesat.

”Lewatlah jalur selatan bagus banget, Menteri Basuki sudah melakukan checking itu dan insyallah besok pagi Pak Presiden dari Cilacap sampai Jogja mau melewati jalur itu sehingga kita memastikan di wilayah selatan itu betul-betul bisa dilewati,” jelas Gubernur.

Hanya saja, ia mengakui fasilitas yang ada tidak seperti jalan tol. Karena itu, peluang kabupaten yang dilewati untuk menarik pemudik masih terbuka lebar.

”Seperti kebumen Purworejo sampai Yogyakarta hingga Jawa timur, di jalur tersebut bisa dipakai untuk membikin unit usaha seperti rest area ataupun promo kuliner dan pariwisata,” paparnya.

Ganjar mengungkapkan, berkaca pengalaman tahun 2018 itu yang paling puncak sekitar 8 jutaan pemudik.

”Jadi kalau saat ini ada cerita 23 juta mungkin memang yang melewati Jawa tengah, bisa jadi kurang lebih, dan kalau di data ya sekitar 8juta yang ada di jateng ini,” pungkasnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...