Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

MENJELANG SENJA BERSAMA CAK NUN

Allah Permudah Ibadah Manusia di Dunia

Cak Nun dalam dan acara Menjelang senja bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng persembahan PR Sukun, Selasa (12/4/2022). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Budayawan sekaligus ulama Emha Ainun Najib atau yang kerap dikenal sebagai Cak Nun dalam acara Menjelang Senja Bersama Cak Nun menjelaskan jika Allah sangat mempermudah umatnya dalam beribadah. Utamanya dalam berpuasa dan menjalankan salat.

Allah imbuh Cak Nun sebenarnya memiliki kuasa untuk memerintahkan umatnya berpuasa lebih lama dari sekarang, namun Allah hanya memerintahkan umatnya untuk berpuasa sebulan sekali saja dalam satu tahun.

“Coba bayangkan, kalau Allah mengutus puasa setahun penuh setahun tidak, Allah punya kuasa untuk itu tapi Allah tidak ingin,” kata Cak Nun dalam dalam dan acara Menjelang senja bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng persembahan PR Sukun, Senin (25/4/2022).

Begitu pula dalam menjalankan ibadah salat lima waktu, Allah benar-benar meringankan salat umatnya yang sehari hanya lima kali saja. Itupun masih ada banyak kelonggaran bila umat manusia terlewaat menjalankan salat.

“Ada salat qodho ada salat jama’ itupun ada yang masih slengekan, harusnya umat manusia bersyukur saat Allah hanya mengutus solat wajib dalam sehari hanya lima waktu saja,” imbuh Cak Nun.

Baca: Cak Nun Ajak Belajar dari Kesetiaan Rasulullah

Cak Nun pun menambahkan, Allah selalu hadir di setiap aktifitas manusia. Kemanapun manusia beraktifitas maka di situ ada Allah dengan segala kasih sayangnya.

“Semua bertasbih pada Allah, daun-daun hingga lautan, termasuk manusia sekalipun,” pungkasnya.

Dalam episode sebelumnya, Cak Nun menyebutkan bila puasa merupakan salah satu pemberian Allah kepada manusia untuk mengendalikan keinginan yang tak berkesudahan.

Cak Nun mengatakan, manusia memang memiliki sifat yang tidak pernah puas dan tidak mengerti batas. Sehingga puasa, diberikan Allah untuk manusia agar mereka bisa mengendalikan sifat itu.

“Itulah sebabnya kita dikasih Ramadan dan puasa. Kita berlatih menahan dan mengendalikan keinginan. Puasa itu adalah satu  pelatihan agar kita lebih presisi soal batas batas di kehidupan kita,” pungkas Cak Nun.

Baca: Cak Nun: Puasa Kendalikan Keinginan Manusia yang Tanpa Batas

Acara Menjelang senja bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng persembahan PR Sukun sendiri akan tayang di channel youtube MURIANEWS TV, CakNun.com, PR SUKUN, dan KIAI KANJENG. Acara tersebut, tayang pada tanggal 7 April, 12 April, 19 April, 22 April, 25 April, 28 April, dan 1 Mei 2022 mendatang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...