Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Siluet dari Spons Karya Pria di Kudus, Segini Harganya

Pembuat siluet asal Kudus, Safiq Afandi menyelesaikan pesanan pelanggannya. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pria asal Kabupaten Kudus, Safiq Afandi mampu menyulap spons yang merupakan bahan membuat sandal menjadi kerajinan siluet wajah. Dia membuat beragam siluet wajah, termasuk gambar tokoh Tanah Air.

Safiq-sapaan akrabnya biasa mengerjakan siluet di kediamannya di Dukuh Pondok, RT 02, RW 03, Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Pria lulusan TBS Kudus itu mulai menekuni usaha siluet ini sejak 2021 silam. Beragam siluet wajah tokoh dibuatnya. Mulai dari Kyai Haji Maimun Zubair, Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, Gus Dur, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, Prabowo Subianto, Joko Widodo atau Jokowi, Sutrisno Bachir, dan lainnya.

“Berbagai ukuran bisa dipesan sesuai permintaan. Biasanya paling sering ukuran 35 cm x 45 cm,” jelasnya kepada MURIANEWS.

Baca: Penjualan Siluet Karya Pria di Kudus Ini Katanya Tak Terpengaruh PPKM

Lebih lanjut, perihal harga juga bergantung pada pemilihan pigura. Siluet dengan ukuran 35 cm x 45 cm menggunakan pigura kayu jati harganya berbeda dengan siluet menggunakan pigura dari fiber.

“Kalau kayu Jati harganya Rp 350 ribu. Sedangkan kalau pigura menggunakan fiber harganya Rp 250 ribu,” ujarnya.

Dia mengaku pernah mendapatkan pesanan siluet berukuran paling besar 45 cm x 65 cm. Harganya Rp 600 ribu dengan pigura dari kayu Jati.

Safiq menjelaskan proses pembuatan siluet ini. Dia biasanya mendapatkan contoh foto dari pelanggan yang hendak memesan.

Baca: Pengusaha Kue di Kudus Banyak Orderan Tapi Untung Sedikit

Kemudian, contoh foto tersebut di print di kertas terlebih dahulu. Setelah itu, foto yang sudah diprint itu di gambar di atas spons.

“Kalau sudah digambar pola wajahnya, tinggal dipotong saja mengikuti polanya,” jelasnya.

Sejauh ini pesanan datang dari Kudus dan daerah di eks Karesidenan Pati. Seperti Demak dan Pati.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...