Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 25 April: Pembangunan Terusan Suez di Mesir Dimulai Tahun 1859

Catatan Sejarah Tanggal 25 April: Pembangunan Terusan Suez di Mesir Dimulai Tahun 1859
Foto: Sebuah kapal melintasi Terusan Suez (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 25 April dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 25 April yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

775

Pertempuran Bagrevand yang melibatkan pasukan Kekhalifahan Abbasiyah dan pemberontak Armenia meletus di Armenia. Peristiwa itu sekaligus mengakhiri pemberontakan orang Armenia yang menolak pemerintahan Kekhalifahan Abbasiyah di Armenia.

1644

Pemimpin Kekaisaran Dinasti Ming di Tiongkok, Kaisar Chongzhen, tewas bunuh diri. Ia melakukan bunuh diri saat pemberontakan yang dilakukan para petani dengan dipimpin Li Zicheng sedang berlangsung. Chongzhen adalah kaisar terakhir dari Dinasti Ming.

Baca juga: Sejarah Jalan Tol di Indonesia, Pembangunan Pertama Dimulai Tahun 1975 dengan Panjang 59 Kilometer

1859

Terusan Suez di Mesir mulai dibangun demi mempercepat transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika pada 25 April. Pembangunan Terusan Suez selesai pada 17 November 1869.

1915

Pasukan Inggris, Prancis, India, Australia, dan Selandia Baru mendarat di Teluk Anzac dan Tanjung Helles untuk menginvasi wilayah Gallipoli di Turki. Invasi itu menyebabkan meletusnya Pertempuran Gallipoli.

1945

Tentara Nazi Jerman yang menduduki Italia kembali ke Jerman setelah menyatakan menyerah setelah ada pemberontakan di kawasan tersebut. Peristiwa itu dikenang sebagai Hari Pembebasan Italia dari cengkeraman Nazi Jerman dan pemerintahan yang dipimpin Benito Mussolini.

1954

Prancis membombardir Vietnam dengan pesawat tempur dan pengebom demi mengalahkan pasukan Komunis di Vietnam dalam Perang Indochina I. Prancis menyerang Vietnam dengan menjatuhkan ratusan ton bom dan membuatnya menjadi serangan terbesar yang dilakukan Prancis dalam Perang Indochina I.

1963

David William Moyes lahir Glasgow, Skotlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pelatih sepak bola yang pernah menukangi tim besar di Inggris, yakni Everton dan Manchester United.

1993

Sebanyak 300.000 orang yang mengaku sebagai kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) serta para aktivis yang mendukung mereka melakukan demonstrasi di Washington D.C., Amerika Serikat (AS). Mereka turun ke jalan untuk menentang diskriminasi yang mereka alami di AS.

2014

Mantan pelatih klub sepak bola Barcelona, Tito Vilanova, meninggal dunia pada usia 45 tahun akibat penyakit kanker yang ia derita. Ia ditunjuk menjadi pelatih Barcelona pada 2012 untuk masa kontrak selama dua tahun. Namun ia mengundurkan diri pada 2013 karena kondisi kesehatannya yang terus menurun.

2015

Gempa bumi mengguncang Nepal pada 25 April 2015 pusat gempa di kedalaman sekitar 15 km. Ini merupakan gempa bumi paling kuat yang mengguncang Nepal sejak gempa bumi Nepal–Bihar 1934. Setidaknya 8,947 orang diketahui meninggal akibat dari gempa bumi tersebut.

2018

Sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kabupaten Aceh Timur yang dikelola masyarakat meledak dan terbakar pada 25 April. Kejadian ini menyebabkan 15 orang tewas dan 40 lainnya luka-luka. Para korban yang luka berat dirawat di tiga rumah sakit.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...