Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jembatan Juwana Bakal Direnovasi, Polres Pati Usul ada Akses Darurat

Jembatan Juwana Bakal Direnovasi, Polres Pati Usul ada Akses Darurat
Jembatan Juwana akan direnovasi pada bulan Mei mendatang. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Saat pembongkaran Jembatan Juwana untuk direnovasi, Polres Pati meminta agar ada akses darurat. Akses darurat itu berupa jembatan untuk mengantisipasi kemacetan.

Kabag Ops Polres Pati Kompol Sugino beralasan, bila tidak ada jembatan darurat, pembongkaran Jembatan Juwana akan menyebabkan kemacetan parah. Saat simulasi pengalihan arus saja terjadi kemacetan sepanjang 3-4 kilometer.

“Setelah dipraktekkan (simulasi Lalin) terjadi kemacetan sejauh 3-4 km. Jadi kami usulkan untuk membangun jembatan pembantu sebelum dibongkar,” ujar Kompol Sugiono, Senin (25/4/2022).

Baca: Renovasi Jembatan Juwana Pati Diusulkan Ditunda, Ini Alasannya

Adanya jembatan pembantu ini diusulkan didirikan di sisi Jembatan Juwana. Gunanya, untuk akses jalan sepeda motor dan mobil.

“Jembatan darurat ini tak untuk dilewati truk atau bus. Sehingga setelah adanya pengalihan arus Lalin, kemacetan bisa diminimalisasi. Soalnya, kendaran pribadi dan sepeda motor bisa lewat jembatan pembantu,” kata dia.

Sementara, Bupati Pati Haryanto mengusulkan, pelebaran jalur alternatif yakni dari Alun-alun Juwana ke arah selatan. Ia menilai jalan itu terlalu sempit. Sehingga bisa menimbulkan kemacetan bila tidak diperlebar.

“Pertama mulai titik mau masuk jembatan selatan, jalannya paling tidak ditingkatkan sampai keluar ke jalan Pantura. Karena ini, biasanya satu arah digunakan dua arah. Sehingga nanti bakal macet,” tambahnya.

Sedangkan, Koordinator Penggantian Jembatan CH Jateng Fatoni menuturkan, pihaknya belum bisa memenuhi usulan Polres Pati. Menurutnya, pembuatan jembatan baru bisa memakan banyak anggaran. Baginya membuat jembatan darurat sama saja dengan membuat jembatan baru.

“Bakal banyak mengeluarkan anggaran untuk jembatan darurat. Walaupun hanya untuk kendaraan pribadi, kami tetap menjaga kualitas dan keamanannya. Jadi tak sembarangan buat jembatan. Nanti kami akan evaluasi lagi,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

 

Comments
Loading...