Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ratusan Bus AKAP di Kudus Diklaim Sudah Laik Jalan

Salah satu bus AKAP saat parkir di Terminal Jati Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dewan Pimpinan Cabangan (DPC) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Kudus mengklaim ratusan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Kabupaten Kudus dari berbagai Perusahaan Otobus (PO), telah layak untuk digunakan mudik Lebaran 2022.

Hal tersebut didasari proses ramp check yang dilaksanakan Organda dan Dinas Pehubungan Kabupaten Kudus pekan lalu.

“Kalau dihitung jumlahnya, Nusantara ada 15 bus, Pahala Kencana 25 bus, Haryanto 300 bus, dan Santika sekitar 100 bus. Kami sudah melakukan pengecekan dan kami rasa semua sudah siap untuk operasional mudik,” kata Ketua DPC Organda Mahmudun, Senin (25/4/2022).

Walaupun begitu, pihaknya tetap menekankan kepada para pengusaha bus untuk tetap mengecek kendaraannya secara berkala. Sehingga ketika digunakan dalam arus mudik nanti, kondisinya tetap laik jalan.

“Tentunya walau sudah dicek mereka juga harus melakukan pengecekan berkala baik pada kendaraan dan sopirnya,” sambungnya.

Baca: Sniper Disiagakan di Pelabuhan Merak, Jaga Keselamatan Pemudik

Dia pun berpesan agar para pengusaha bus bisa memberikan pelayanan yang maksimal saat arus mudik maupun arus balik Lebaran tahun 2022 ini. Mengingat animo masyarakat akan mudik pada tahun ini benar-benar tinggi.

“Persiapan yang matang harus ada, tentunya kami juga mengimbau bagi pengemudi yang belum vaksin booster kami sarankan segera booster, tapi kami pikir semua perusahaan bus telah menerapkan hal ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Sebagai informasi, Puncak arus mudik di Jawa Tengah diprediksi akan terjadi pada tanggal 28 hingga 29 April mendatang. Di tanggal tersebut, diprediksi akan ada ratusan ribu kendaraan yang berlalu lalang di Jawa Tengah.

Baca: Cegah Macet Musim Mudik, Ganjar Promosikan Jalur Selatan

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengimbau masyarakat Jawa Tengah yang ada di luar Jateng untuk mudik lebih cepat. Hal itu dilakukan agar para pemudik bisa terhindar dari penumpukan kendaraan saat perjalanan.

Dia juga memastikan pihaknya tidak akan melakukan penyekatan dalam mudik Lebaran tahun 2022 ini. Mereka yang hendak mudik ke Jateng, dipersilahkan untuk langsung masuk saja.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...