Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mudik Lebaran, Organda Ingatkan Ini ke Pengusaha Bus di Kudus

Sejumlah bus terparkir di Terminal Induk Jati Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Organisasi angkutan darat (Organda) Kabupaten Kudus mengingatkan kepada para pengusaha bus di Kota Kretek untuk terus melakukan pengecekan masing-masing armadanya jelang arus mudik Lebaran tahun 2022 ini.

Dewan Pimpinan Cabangan (DPC) Organda Kabupaten Kudus Mahmudun menuturkan, ada sejumlah hal wajib yang perlu diperhatikan para pengusaha bus sebelum menerjunkan armadanya.

Yang paling penting, adalah mempersiapkan armada mudik semaksimal mungkin dan sebaik mungkin. Kelaiakan rem, mesin, elektrisasi, dan ban armada sangat perlu digaris bawahi untuk meminimalisir kecelakaan.

Selain kendaraan yang laik jalan, sopir atau pengendara juga harus jadi prioritas utama. Para sopir, haruslah memiliki kondisi fisik dan mental yang bagus. Mereka juga diminta untuk tertib dari segi aturan dan administrasi.

“Kelengkapan seperti administrasi kendaraan, STNK, SIM, trayek, kartu pengawasan itu harus dibawa, jangan sampai lupa, kalau soal busnya juga jangan lupa dicek, kalau tidak siap jalan jangan dipaksakan untuk jalan,” katanya, Senin (25/4/2022).

Baca: Sniper Disiagakan di Pelabuhan Merak, Jaga Keselamatan Pemudik

Para pengusaha bus, lanjut Mahmudun, juga dhiharapkan untuk menambahi kendaraannya dengan alat bantu darurat. Seperti pemecah kaca, alat pemadam api ringan (APAR) hingga kotak berisikan obat-obatan yang bisa saja bermanfaat bagi para pemudik.

“Kami sudah sampaikan ini ke mereka dan kami harapkan ini bisa dipatuhi bersama,” sambungnya.

Mahmudun menambahkan, dalam mudik Lebaran kali ini, dia juga berpesan untuk tidak membiarkan pengemudi maupun penumpang untuk meletakkan barang di seputaran pintu masuk dan keluar bus. Sehingga diharapkan potensi kerawanan karena kondisi ini bisa dikurangi.

“Semoga mudik tahun ini bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Baca: Mau Mudik Naik Sepeda Motor? Ini Peralatan yang Wajib Dibawa

Sebagai informasi, Puncak arus mudik di Jawa Tengah diprediksi akan terjadi pada tanggal 28 hingga 29 April mendatang. Di tanggal tersebut, diprediksi akan ada ratusan ribu kendaraan yang berlalu lalang di Jawa Tengah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...