Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

30 Tersangka kasus Seleksi CASN DItangkap, Tjahjo Kumolo: Oknum Menpan-RB dan BKN Diduga Terlibat

30 Tersangka kasus Seleksi CASN DItangkap, Tjahjo Kumolo: Oknum Menpan-RB dan BKN Diduga Terlibat
MenPAN RB Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Jakarta- Polisi telah menangkan 30 tersangka dugaan kasus kecurangan dalam seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021. Tersangka didapatkan dari wilayah yang berbada dan masing-masing juga mempunyai peranan berbeda.

Menangapi hal itu, menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, terungkapnya kasus ini berawal dari laporan orang tua peserta CPNS.

“Berawal dari laporan masyarakat atau orang tua peserta CPNS,” ujar Tjahjo, dikutip dari Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Tjahjo menegaskan, tidak menutup kemungkinan kalau ada bukti oknum Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terlibat jaringan tersebut, akan diproses oleh Bareskrim.

Baca: Polri Tangkap 30 Tersangka Dugaan Kasus Kecuragan CASN 2021

Setelah itu, Tjahjo mendatangi dan membawa surat kepada Kabareskrim Mabes Polri untuk membantu mengusut tuntas jaringan penipuan CPNS itu.

Kabareskrim juga membentuk tim serta koordinasi dengan polda-polda dan polres seluruh Indonesia.

“Jangan sampai proses ujian CPNS sudah disiapkan sangat bagus, melibatkan seluruh instansi dan lembaga dirusak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Sebanyak 30 tersangka kasus dugaan kecurangan dalam pelaksaan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021, ditangkap oleh Satuan Tugas (Satgas) Anti Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) Polri.

Dari jumlah tersangka tersebut, sebanyak 21 orang merupakan warga sipil yang bekerja sebagai tim teknologi dan informasi (IT). Sedangkan 9 sisanya pegawai negeri sipil (PNS), yang di antaranya Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Buol dan Kolaka Utara, Staf BKN Makassar, serta Staf BKD Provinsi Sulawesi Barat.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...