Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mau Lebaran, Harga Daging Sapi di Jepara Meroket

Mau Lebaran, Harga Daging Sapi di Jepara Melangit
Sa’adah, pedagang daging sapi di Pasar Jepara II tengah melayani pembeli. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sepekan jelang Lebaran Idulfitri, harga daging sapi di Kabupaten Jepara terus mengalami kenaikan. Kenaikan harga ini diprediksi berlangsung sampai H-1 lebaran.

Pada pekan lalu, harga daging di semua pasar wilayah Jepara masih berkisar di Rp 120 ribu – Rp 125 ribu per kilogram. Namun kini harganya sudah naik lagi.

Dari data Bagian Perekonoman Setda Jepara, per hari ini rata-rata harga daging di seluruh pasar wilayah Jepara dibandrol Rp 125 ribu – Rp 130 ribu per kilogram.

Baca: Harga Daging dan Ayam di Pasar Jepara Mulai Naik

Kenaikan harga tersebut dibenarkan oleh Sa’adah, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Jepara II. Per hari ini, dirinya menjual daging sapi seharga Rp 130 ribu per kilogram.

“Awal-awal (Ramadan) kemarin masih Rp120 ribu sampai Rp125 ribu, sekarang ini sudah Rp130 ribu. Nanti H-2, H-1 biasanya bisa sampai Rp140 ribu,” ujar Sa’adah, Senin, (25/4/2022).

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, harga daging diprediksi kembali naik pada H-1 hingga beberapa hari usai Lebaran. Sa’adah mengungkapkan, naiknya harga daging dipicu naiknya harga hewan ternak.

“Harga hewannya naik, terus harga dagingnya jadi ikut naik,” kata Sa’adah.

Berkait dengan tingkat pembelian, Sa’adah mengatakan, saat ini belum terjadi lonjakan. Dalam sehari Sa’adah mampu menjual 100 kilogram daging. Jumlah itu sama seperti hari-hari biasa.

“Yang beli masih sama. Belum ada peningkatan. Biasanya nanti kalau sudah mendekati Lebaran baru ramai pembeli,” ungkap Sa’adah.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...