Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hotel dan Resto di Kudus Ditempeli Stiker Aman dari Covid-19

DKK Kudus menempelkan stiker restoran aman Covid-19 di Griptha Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus melakukan pendataan hotel dan restoran yang karyawannya sudah divaksin booster seratus persen. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan pelayanan wisata yang aman dari Covid-19 menjelang libur Lebaran tahun 2022 ini.

Ketika sebuah hotel atau restoran telah menjalankan vaksinasi booster pada seratus persen karyawannya, maka mereka akan mendapatkan stiker berisi tulisan aman dari Covid-19 dari DKK.

Pihak DKK sendiri, melakukan penandaan dengan penempelan stiker keterangan hotel dan restoran mulai Senin (25/4/2022) hari ini di Hotel Griptha.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr Andini Aridewi menyampaikan, untuk tahap pertama sudah ada empat hotel dan sembilan restoran yang lolos verifikasi aman.

“Keseluruhannya sudah melakukan vaksinasi booster pada karyawannya dan mereka juga menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah,” kata dia di sela pemasangan stiker.

Baca: Polemik The Sato Hotel Kudus Belum Berhenti

Di Kabupaten Kudus sendiri, sambung dia, ada sebanyak sepuluh hotel dan 35 restoran yang akan menjadi target pemasangan stiker. Hanya mereka diharuskan melakukan vaksinasi booster pada seratus persen karyawannya terlebih dahulu.

“Jika memang belum, akan kami bantu percepatan vaksinasinya sehingga bisa mendapatkan stiker ini, setidaknya dalam pekan ini harus semua hotel dan restoran bisa melaksanakan vaksin booster seratus persen dan layak menerima stiker ini,” sambung Andini.

Dia menambahkan, penempelan stiker ini adalah langkah lanjutan dari adanya Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang percepatan vaksinasi di daerah-daerah.

Baca: Realisasi Pajak Daerah Kudus Sudah Capai Rp 32,66 Miliar

Selain itu pula, bentuk stikerisasi ini juga sebagai bentuk legalitas pemerintah dalam menunjukkan tempat mana saja yang aman untuk disinggahi karena telah teruji menerapkan prokes dan vaksinasi.

“Tujuannya tentu menciptakan rasa aman bagi para pengunjung dan tamu yang datang ke lokasi tersebut,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...