Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jangan Hanya di Malioboro, Coba Tempat Ngabuburit Asyik Lainnya di Jogja

Foto: Alun-alun Kidul Jogjakarta (kratonjogja.id)

MURIANEWS, Kudus– Kawasan Malioboro memang sudah dikenal jadi salah satu tempat ngabuburit favorit di kota Jogka. Lokasinya yang berada di tengah kota memang mudah dijangkau kendaraan dari berbagai arah.

Meski demikian, masih ada tempat ngabuburit yang asyik lainnya di Jogja. Berikut rekomendasinya, seperti dilansir dari Solopos.com.

1. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau yang biasa disebut Alkid menjadi rekomendasi lokasi ngabuburit di Jogja selain Malioboro. Alkid tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Baca juga: Perempuan Asyik Foto di Simpang Tugu Jogja Nyaris Tertabrak Motor Viral di Medsos

Banyak warga maupun pelancong berkumpul di tanah lapang itu pada sore hari, terlebih menjelang buka puasa. Tersedia aneka jajanan di sepanjang jalan kawasan Alkid. Anda beli makan sembari duduk di hamparan rumput lapangan Alkid dan menatap langit jingga Jogja.

Tak hanya itu, Anda juga bisa bermain di lapangan Alkid, seperti menjajal becak hias, bermain layangan atau gelembung udara, hingga mencoba keberuntungan melewati jalan di antara dua pohon beringin ikonik di Alkid.

2. Kampung Ramadan Jogokariyan

Tempat ini merupakan surganya takjil di Jogja. Ada sekitar 270 usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan Masjid Jogokariyan yang menggelar lapak di sepanjang jalan Jogokariyan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan buka puasa gratis dari Masjid Jogokariyan karena setiap hari disediakan kurang lebih 3.000 porsi menu buka puasa untuk masyarakat umum.

3. Selasar Gor Klebengan

Gor Klebengan dan 1001 jajanannya tentu sudah tak asing lagi bagi mahasiswa Jogja yang ingin ngabuburit selain di Malioboro. Letaknya di dekat kampus UGM dan UNY.

Selasar Gor Klebengan selalu bisa diandalkan ketika Anda buntu ingin makan apa saat berbuka puasa. di Gor Klebengan ini tersedia aneka makanan ringan, seperti siomay, batagor, cahkwe, empek-empek, cilok, cilor, cireng, dan seterusnya.

Makanan berat pun ada, seperti sate, nasi goreng, aneka olahan mie, aneka olahan ayam, dan seterusnya.

4. nDalem Natan Royal Heritage

Solopos.com berkesempatan mengunjungi salah satu hidden gem yang berlokasi di Kotagede, yakni nDalem Natan Royal Heritage. Tempat ini cocok menjadi lokasi ngabuburit di Jogja selain Malioboro.

Ada sejumlah alasan, seperti bangunan nDalem Natan Royal Heritage berarsitektur kuno yang estetik dan Instagramable. Seperti dilansir dari akun Instagram resminya, @ndalemnatanroyalheritage, dibangun saudagar terkaya di Jogja.

Arsitektur bergaya campuran, Art Nouveau dan Art Deco Style. Tata letak dan filosofi rumah bergaya tradisional Jawa serta menggunakan ornamen Islam.

Di sini juga ada Café & ArtSpace pada sayap kanan kompleks bangunan nDalem Natan Royal Heritage. Anda dapat menyantap menu minuman dan makanan khas tradisional Jawa.

Ada toko buku Natan yang menjual berbagai macam koleksi buku berkualitas dan original. nDalem Natan Royal Heritage juga menawarkan guest house berarsitektur Jawa. Anda bisa menyewanya per malam.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...