Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ngalap Berkah Ramadan, Pemuda Lahar Pati Santuni Puluhan Anak Yatim dan Bagikan Ratusan Takjil

Ngalap Berkah Ramadan, Pemuda Lahar Pati Santuni Puluhan Anak Yatim dan Bagikan Ratusan Takjil
Pemuda Desa Lahar, Kecamatan Tlogowungu, Pati berbagi kepada masyarakat. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Momen Ramadan menjadi ajang berlomba-lomba menebar kebaikan. Sebab, ada pahala berlipat yang dijanjikan, sehingga membuat siapapun ikut dalam perlombaan itu.

Tak terkecuali bagi sekelompok pemuda Desa Lahar, Kecamatan Tlogowungi, Kabupaten Pati. Puluhan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Mandala itu memberi santunan pada puluhan anak yatim piatu.

Tidak itu saja, mereka juga membagikan ratusan takjil pada masyarakat yang melintas di depan Balai Desa Lahar.

Baca: Ponpes di Pati Ini Punya Cara Ngalap Berkah Ramadan yang Beda

Ketua Karang Taruna Desa Lahar, Angga Saputra mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk melatih para kawula muda, khusunya para anggota karang taruna untuk saling berbagi.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana memperkenalkan karang taruna Mandala kepada masyarakat.

“Selain mencari keberkahan di bulan suci, kami juga ingin memberikan contoh bahwa anak muda juga bisa berbagi. Ini juga sebagai bukti eksistensi karang taruna itu masih ada,” kata Angga di sela-sela kegiatan, Minggu (24/4/2022) sore.

Adapun takjil yang dibagikan sebanyak 114 bungkus. Angga menyebut jumlah tersebut berdasarkan jumlah surat dalam Al-Qur’an.

“Bukan soal jumlah takjil yang kami bagikan, namun esensi dari berbagi itu sangat penting. Apalagi kita tau bahwa di sekitar kita masih banyak orang-orang yang membutuhkan,” tutur Angga.

Sementara dalam pemberian santunan, Karang Taruna Mandala mengundang 34 anak yatim piatu perwakilan dari tujuh dukuh di Lahar.

Santunan itu terselenggara berkat kerja sama dengan Pengurus Nahdlatul Ulama Ranting Lahar dan Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Laszisnu) Pati.

“Kenapa kita ambil 34 anak, filosofinya dari Surat Al Isra ayat 34 tentang harta anak yatim. Namun yang tak kalah penting adalah peran dari para donatur yang sangat membantu sehingga acara ini dapat terselenggara. Semoga apa yang diberikan oleh para donatur ini bermanfaat dan menjadi amal jariyah serta tabungan pahala yang berlimpah,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...