Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Persipa Pati Terancam Tak Berhome Base di Stadion Joyokusumo

Persipa Pati Terancam Tak BerHome Base di Stadion Joyokusumo
Tim verifikikator saat menyambangi Stadion Joyokusumo. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, PatiPersipa Pati terancam harus mengungsi saat mengarungi Liga 2 musim depan. Itu menyusul PSSI telah mengeluarkan keputusan jika Stadion Joyokusumo Pati belum sesuai standar regulasi.

Keputusan itu terungkap setelah tim verifikator PSSI mengecek stadion kebanggaan warga Bumi Mina Tani itu. Laskar Saridin, sebutan Persipa Pati pun terancam tak bisa berhomebase di sana.

Head of Infrastructure, Safety and Security PSSI, Adi Nugroho mengatakan, penyenggaraan Liga 2 itu dari aspek infrastruktur stadion harus memenuhi kriteria sesuai dengan regulasi stadion PSSI.

Baca: Apakah Persipa Bisa Berhome Base di Joyo Kusumo? Masih Menunggu PSSI…

“Kriteri-kriteria itu harus terpenuhi mulai dari lapangannya, dimensinya cukup atau tidak. Rumputnya boleh itu natural ataupun rumput sintetis. Nah untuk rumput sintetis juga harus memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh FIFA. Dan jenisnya pun juga harus yang terakreditasi dari pabrik yang ditunjuk,” ungkapnya dalam video yang dirilis dalam media sosial Persipa Pati pada Sabtu, (23/4/2022).

Berdasarkan pengecekan yang dilakukan pihaknya, lapangan Stadion Joyokusumo terlalu lebar, garis lapangan terlalu kecil serta daya pantul bola tak sesuai standar PSSI.

Meskipun demikian, pihaknya masih menunggu sertifikat yang dikeluarkan oleh kontraktor rumput. Berdasarkan penuturan Disporapar Kabupaten Pati, rumput Stadion Joyokusumo sudah standar FIFA. Namun, pihak Disporapar belum bisa menunjukkan sertifikat.

“Kami menunggu sertifikat itu seperti juga yang dikeluarkan oleh stadion-stadion (dengan rumput) sintetis ataupun lapangan sintetis di Indonesia dan di seluruh dunia. Karena itu ada semua dan terdaftar,” jelasnya.

Baca: Suporter Persipa Pati Gelar Aksi Tuntut Stadion Joyokusumo Dibenahi

Sementara itu, Ketua Umum Persipa Pati Joni Kurnianto menambahkan dirinya sangat berterimakasih karena tim dari PSSI sudah datang ke Pati untuk langsung memverifikasi stadion Joyokusumo Pati.

“Dan memang kenyataannya seperti itu. Kami tadi juga ketemu dari Disporapar dan DPUPR yang mana disampaikan langsung oleh Pak Adi dari PSSI bahwa pihaknya butuh sertifikat FIFA yang asli. Agar bisa dicek itu memang betul-betul sesuai,” imbuhnya.

Saat dilakukan pengetesan dengan bola, lanjut Joni, tinggi pantulannya lebih dari 60-80cm. Jadi tingkat pantulannya terlalu tinggi dan dilihat rumputnya juga tidak terlalu berdiri dan itu ada standar tertentu yang dipunyai oleh tim verifikator dari PSSI.

“Jadi nanti kita beri masukan ke DPUPR dan DISPORA Kabupaten Pati supaya meminta kontraktor untuk segera memenuhi standart dari sertifikat itu,” pungkasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...