Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ngabuburit, Satreskrim Polres Kudus Sosialisasikan Ini

Ngabuburit, Satreskrim Polres Kudus Sosialisasikan Ini
Sosialisasi Polisi Kriminal di Kudus Waspadai Penipuan Online (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah anggota Sat Reskrim Polres Kudus, Jawa Tengah mengingatkan warga agar lebih waspada terhadap penipuan online yang mengintai kapan pun.

Imbauan itu pun disampaikan dengan cara yang berbeda. Yakni saat ngabuburit atau mengunggu waktu buka puasa, para anggota Sat Reskrim Polres Kudus berjejer membawa poster peringatan itu di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus.

Tak hanya menyosialisasikan tentang bahaya penipuan online, mereka juga membagikan takjil gratis. Ada juga boneka zebra yang turut membantu kegitan tersebut.

Baca: Urus SKCK di Polres Kudus Bisa Online ataupun Offline, Begini Caranya

Kanit II Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Sat Reskrim Polres Kudus Iptu Jajang mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya dari kepolisian agar korban penipuan online tidak semakin marak.

Apalagi perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh adanya penipun-penipuan melalui online.

“Setidaknya upaya kami bisa menyosialisasikan jenis atau modus operandi penipuan daring yang kerap terjadi. Sehingga masyarakat bisa lebih waspada dan terhindar dari segala jenis modus penipuan daring,” katanya, Minggu (24/4/2022).

Selama ini, sambung dia, banyak modus penipuan yang terjadi seperti arisan online, hingga jual beli online. Menurutnya masyarakat harus mengetahui terlebih dahulu historisnya, sebelum benar-benar melakukan transaksi.

Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai masyarakat yang awalnya menjadi korban penipuan online dan meluapkan kejengkelannya di media sosial, lantas mendapatkan tuntutan balik.

“Jadi tetap ber-media sosialah dengan bijak, jangan sampai jadi boomerang,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...