Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mau Mudik Naik Sepeda Motor? Ini Peralatan yang Wajib Dibawa

Mau Mudik Naik Sepeda Motor? Ini Peralatan yang Wajib Dibawa
Foto: Ilustrasi naik motor (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus– Mudik naik sepeda motor sudah lazim dilakukan banyak orang. Tidak hanya saat Lebaran saja, tetapi juga ketika sedang ada libur panjang, banyak orang mudik naik motor.

Ada banyak alasan kenapa orang pilih mudik naik motor. Faktor biaya yang lebih hemat dibandingkan naik kendaraan umum adalah alasan utamanya.

Selain itu, mudik naik motor juga dinilai lebih praktis dan fleksibel. Di mana, pengendara bisa berhenti setiap saat jika ingin istirahat atau mampir ke tempat wisata di sepanjang perjalanan.

Baca juga: Mau Bawa Barang Pakai Motor Matik? Ini Tipsnya biar Aman

Meski demikian, bagi yang mau mudik naik motor harus melakukan persiapan yang matang agar aman. Termasuk performa motor juga harus lebih dulu dipastikan keamanannya.

Melansir dari Federal Oil, Sabtu (23/4/2022), persiapan pertama tentu saja dari faktor kesehatan badan kita, pastikan kita dalam kondisi sehat. Butuh kesiapan fisik yang prima, kemampuan berkendara yang memadai dan emosi yang stabil. Makanya, jika kondisi psikis atau fisik kita tidak memadai, jangan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor.

Meskipun dalam kondisi sehat, namun kalau kita punya riwayat penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, dan sediakan catatan khusus yang berisi nomor kontak keluarga yang bisa dihubungi.

Selanjutnya jangan lupa bawa kelengkapan identitas seperti SIM, KTP dan STNK. Selain itu, persiapkan juga riding gear yang nyaman dikenakan dari mulai jaket, helm, pelindung sikut dan lutut, sepatu riding, body protector dan kebutuhan pengaman lainnya.

Motor yang akan kita gunakan untuk mudik juga wajib kita servis jauh-jauh hari, minimal satu minggu sebelum melakukan perjalanan. Lakukan servis secara menyeluruh, terutama bagian mesin, oli dan kelistrikan.

Walaupun motor sudah dilakukan servis, sebaiknya kita tetap membawa beberapa sparepart cadangan seperti busi, sambungan rantai serta tentu saja wajib membawa toolkit untuk menghadapi kondisi darurat di sepanjang perjalanan.

Lalu toolkit apa saja yang perlu kita bawa?

Ada beberapa toolkit standar yang perlu dibawa seperti obeng, kunci busi, tang, kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm, 19mm, dan siapkan juga pelumas serbaguna.

Toolkit tersebut sangat bermanfaat ketika motor mengalami masalah dan jauh dari bengkel sehingga bisa kita perbaiki sendiri. Seperti membetulkan rantai yang sering kendur atau bahkan putus. Untuk kondisi seperti ini kita memerlukan perkakas tang untuk menyambungkan lagi rantai yang putus kemudian kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm dan 19mm untuk menyetel kerenggangan rantai.

Kunci busi juga bisa kita manfaatkan ketika motor mengalami masalah seperti tiba-tiba brebet atau bahkan mogok, ketika melakukan perjalanan jauh maka busi yang pertama kali kita cek kondisinya.

Perlengkapan lain yang penting dibawa saat mudik adalah pelumas serbaguna. Pelumas serbaguna ini bisa digunakan ketika mengalami masalah kelistrikan dimotor seperti mengatasi tombol sein yang tiba-tiba macet atau keras, klakson tidak bunyi atau tombol starter elektrik yang bermasalah, hingga membuka baut motor yang keras.

Setelah semua sudah dipersiapkan dengan matang, maka perjalanan mudik akan lebih aman dan nyaman. Hal lainnya yang perlu diingat bahwa untuk menjaga fisik tetap prima sepanjang perjalanan, sebaiknya kita berhenti untuk istirahat setiap dua jam sekali.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Comments
Loading...