Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 23 April: Hari Lahirnya Pegulat dan Aktor John Cena di Tahun 1977

Catatan Sejarah Tanggal 23 April: Hari Lahirnya Pegulat dan Aktor John Cena di Tahun 1977
Foto: John Cena (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 23 April dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 23 April yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

599

Pasukan suku maya dari Kerajaan Kaan yang dipimpin Uneh Chan menyerang Kota Palenque di sebelah selatan Meksiko dan mengalahkan pasukan pimpina Ratu Yohl Iknal. Kemudian setelah meraih kemenangan, Uneh Chan membumihanguskan Kota Palenque.

1014

Pasukan Irlandia yang dipimpin oleh Brian Boru berperang dengan bangsa Viking dalam Pertempuran Clontarf, di pantai timur Irlandia terjadi pada 23 April. Diperkirakan antara 7.000 dan 10.000 orang tewas dalam pertempuran itu.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 22 April: Hari Bumi Pertama Kali Diperingati di Tahun 1970

1815

Orang-orang Serbia melakukan pemberontakan untuk kali kedua kepada pemerintahan Kekaisaran Ottoman yang menguasai wilayah mereka. Pemberontakan berlangsung lebih dari dua tahun. Kekaisaran Ottoman akhirnya memberikan wewenang kepada Serbia untuk membentuk pemerintahan sendiri.

1898

Spanyol menyatakan perang terhadap Amerika Serikat (AS) pada 23 April. Namun sebelumnya, AS telah meminta Spanyol menarik diri dari Kuba, tapi tak digubris. Kemudian pertempuran antara pihak Spanyol dan AS meletus.

1918

Dalam Perang Dunia I, pasukan Angkatan Laut Inggris membombardir Pelabuhan Zeebrugge di Belgia demi memblokir akses tentara Jerman yang akan masuk maupun keluar dari pelabuhan tersebut. Peristiwa itu dikenang dengan sebutan Penyerangan Zeebrugge.

1938

Orang-orang Yahudi yang memiliki toko di Kota Wina, Austria dipaksa memasang tulisan yang berisi larangan kepada masyarakat untuk tak membeli apa pun dari toko mereka. Pemerintah Nazi Jerman diyakini sebagai dalang dalam peristiwa itu demi melemahkan kekuatan ekonomi orang Yahudi.

1945

Tentara Amerika Serikat (AS) mendarat di Pulau Okinawa, Jepang untuk melancarkan sebuah serangan kepada pasukan Jepang pada 23 April. Pada pertempuran itu, pihak AS menang dengan mudah karena jumlah tentaranya yang jauh lebih banyak.

1970

Presiden Amerika Serikat (AS) Richard Nixon menandatangani undang-undang (UU) tentang rokok. Dalam UU disebutkan bahwa produk rokok tak boleh diiklankan melalui radio atau televisi. UU tersebut mulai diberlakukan di AS pada 2 Januari 1971.

1971

Tentara Pakistan membantai sekitar 3.000 emigran Hindu di daerah Jathibhanga, Pakistan Timur yang kini menjadi Bangladesh pada 23 April. Adapun pembantaian itu berlangsung saat Perang Kemerdekaan Bangladesh.

1977

John Felix Anthony Cena Jr atau dikenal John Cena, lahir 23 April 1977 adalah pegulat, aktor, rapper, dan presenter televisi profesional Amerika. Lahir dan dibesarkan West Newbury, Massachusetts, Cena pindah ke California pada tahun 1998 untuk mengejar karier sebagai binaragawan. Dia beralih ke gulat profesional pada tahun 1999 ketika dia memulai debutnya Ultimate Pro Wrestling (UPW).

1995

Jelena Noura Hadid lebih dikenal secara profesional sebagai Gigi Hadid, adalah seorang model berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir pada 23 April 1995. Bahkan pada 2016, dia dinobatkan sebagai International Model of the Year oleh British Fashion Council.

1995

Hari Buku Sedunia, dikenal pula dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional. Ini merupakan hari perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 23 April yang diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta.

Hari Buku Sedunia dirayakan pertama kali pada tanggal 23 April 1995. Adapaun dipilihnya tanggal 23 April karena merupakan hari kematian William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega, serta hari lahir atau kematian beberapa penulis terkenal lain.

2001

Mantan Presiden Yugoslavia, Slobodan Milosevic, ditangkap di Belgrade, Serbia. Ia ditangkap atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan selama dirinya menjabat sebagai presiden Yugoslavia.

2007

Boris Nikolayevich Yeltsin atau Boris Yeltsin adalah Presiden Rusia semasa pasca Uni Soviet. Ia Lahir di Sverdlovsk (sekarang Yekaterinburg) pada 1 Februari 1931 dan meninggal dunia pada 23 April 2007.

2011

Penyanyi asal Kanada Justin Bieber akan menggelar konser perdana di Jakarta pada 23 April 2011 di Sentul International Convention Center (SICC).

2016

Karang Amazon adalah gugusan terumbu karang yang ditemukan di muara Sungai Amazon, Brasil oleh jurnal ilmiah Science Advances yang membentang sepanjang 970 km di antara perbatasan negara Guyana Prancis dan Brasil dengan luas sebesar 9.300 kilometer persegi.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...