Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sinergitas TNI-Polri Selamatkan Negeri dari Krisis dan Pandemi

Sinergitas TNI-Polri Selamatkan Negeri dari Krisis dan Pandemi
Apel Pasukan Operasi Ketupat Candi tahun 2022 di Halaman Stadion Joyokusumo, Jumat (22/4/2022). (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Ratusan personel Polres Pati berbaris di halaman Mapolres Pati, beberapa waktu lalu. Mereka mendengar arahan dari Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, untuk menyalurkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan (BT-PKLWN).

Sebanyak 194 Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan dibantu kapolsek dan staf polsek di seluruh wilayah Kabupaten Pati diminta menyalurkan bantuan uang tunai senilai Rp 600 ribu per orang. Di Pati terdapat total 19.500 sasaran penerima bantuan ini.

Arahan-arahan semacam ini sering digelar saat pandemi Covid-19. Selain menjaga kenyamanan dan keamanan, Personel TNI/Polri sering mendapatkan tugas tambahan dari pemerintah untuk membantu mengatasi pandemi dan krisis.

“Bila kesulitan, (pemerintah) meminta bantuan ke TNI/Polri. Tetapi tak apa, kami siap melayani masyarakat,” ujar Kabang Humas Polres Pati, Iptu Sukarno, beberapa hari yang lalu.

Banyak sekali adegan personel Kodim 0718/Pati maupun Polres Pati membantu dan terjun ke masyarakat mengatasi krisis di masa pandemi Covid-19. Mulai dari memberikan bantuan, ikut mensosialisasikan bahaya Covid-19 hingga menggencarkan vaksinasi.

Mereka sering kali turun hingga lapisan masyarakat bawah mencari warga maupun lansia yang belum menerima vaksinasi untuk diberikan vaksinasi. Bahkan di Mapolres Pati, posko vaksinasi terus dibuka untuk melayani masyarakat.

“Habis tarawih juga masih buka,” kata Iptu Sukarno.

Ini membuat capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pati meroket naik. Dari di bawah 50 persen dari 1,05 ribu sasaran pada beberapa bulan lalu menjadi lebih dari 87 persen pada pekan ini.

Tak ayal, ratusan personel TNI-Polri di Kabupaten Pati pun memperoleh penghargaan dari Pangdam Diponegoro serta Polda Jawa Tengah. Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Nakes bahu membahu mengatasi pandemi.

Ketika pandemi Covid-19 sedang ganas-ganasnya dan masyarakat diminta di rumah, mereka bersama tenaga medis tetap bekerja bertaruh nyawa. Pihaknya mencoba membantu pemerintah agar pandemi Covid-19 yang menguras energi ini cepat kelar dan selesai.

Ketiak krisis minyak goreng, personel Polres Pati juga diminta mengecek ketersediaan di masyarakat. TNI/Polri bertransformasi dari menjaga kenyamanan dan keamanan menjadi personel yang membantu masyarakat keluar dari krisis dan pandemi.

Saat di masa mudik Lebaran seperti saat ini, personel TNI-Polri juga diminta terus bertugas untuk pengamanan. Ratusan personel TNI-PTNI- dikerahkan untuk menyambut para pemudik yang sudah dua tahun tak pulang kampung.

“Kita juga perintahkan Babinkamtibmas untuk menguatkan PPKM di tingkat desa. Terutama mendata para pemudik yang datang, mengecek dan mensosialisasikan terkait dengan vaksinasinya,” ujar Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, Jumat (22/4/2022) lalu.

Meskipun kangen dengan sanak keluarga, mereka tetap diminta melayani masyarakat agar di mudik Lebaran ini tak menimbulkan lonjakan kasus Covid-19 seperti selepas lebaran di tahun-tahun lalu.

“Kami juga bekerjasama dengan perangkat desa dan Babinsa untuk mengecek lonjakan atau kehadiran pemudik. Apakah mereka benar sehat. Kalau ada yang terjangkit Covid-19 kita sudah punya tempat untuk isolasi di tingkat desa atau kabupaten,” tandas AKBP Christian Tobing.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...