Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

4.302 THL Pemkab Sragen Tak Dapat THR, Termasuk Guru Honorer

Ilustrasi. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Sragen — Pemkab Sragen mencatat ada sebanyak 4.302 Tenaga Harian Lengkap (THL) di lingkungan pemkab setempat tahun ini tak mendapat Tunjangan Hari Raya (THR). Ribuan THL tersebut tersebar di semua OPD, termasuk guru honorer yang mencapai 2.919 orang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto membenarkan tidak ada THR untuk para THL. Hal ini sesuai dengan PP Nomor 16 Tahun 2022. Sesuai aturan tersebut, THR hanya diberikan kepada THL di instansi yang menerapkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Baca: Tak Dapat THR, Disnakertrans Grobogan: Silahkan Lapor Ke Kami

”Pemkab Sragen memedomani PP tersebut agar di kemudian hari tidak menjadi masalah. Itu aturan masalahnya sehingga kami belum berani memutuskan sendiri,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan THR untuk para THL belum teranggarkan di APBD. Ia pun meminta maaf kepada ribuan THL atas keadaan ini.

”Bila memingkinkan di APBD Perubahan 2022, kami akan menganggarkan gaji ke-13 untuk para THL. Pemkab tetap memperhatikan para THR para THL jangan khawatir dan supaya bersabar,” ujarnya.

Baca: Duh! 22 Pekerja di Jateng Ngadu THR Dicicil Hingga Tak Diberikan

Terpisah, seorang THL asal Masaran, Suparno (46) mengaku belum pernah dapat THR. Dia berharap tahun ini bisa mendapatkan THR satu kali gaji bulanan. Biasanya, pria yang sudah enam tahun menjadi THL ini hanya dapat bingkisan sembako dan uang Rp 250 ribu.

”Yang jelas satu kali gaji itu belum pernah. Padahal gaji kami juga di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK). Teman kami di security banyak, ada 16 orang. Dulu pernah dapat gaji ke-13 sekali sebelum pandemi Covid-19,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...