Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ponpes di Pati Ini Punya Cara Ngalap Berkah Ramadan yang Beda

Ponpes di Pati Ini Punya Cara Ngalap Berkah Ramadan yang Beda
Warga sekitar Pondok Pesantren Al-Roudloh Kajen mengikuti pengobatan gratis (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Roudloh Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati punya cara yang berbeda dalam mencari keberkahan Ramadan.

Ponpes ini, tak hanya membagikan takjil gratis, namun juga memberikan puluhan sembako pada masyarakat sekitar pondok. Mereka juga menggelar pengobatan gratis dan vaksinasi Covid-19.

“Hari ini kami membagikan sembako dan pengobatan gratis. Ini salah satu program Ramadan Pompes Al-Roudloh,” ujar pengasuh Ponpes Roudloh Muhammad Farid Abbad.

Baca: Jelang Lebaran, Pesanan Kue Sri Mulyani di Pati Meluber

Sebanyak 100 paket sembako dibagikan untuk masyarakat yang kurang mampu. Mereka juga memberikan santun anak yatim pada Kamis (21/4/2022) lalu.

“Kamis kemarin ada santunan yatim piatu. Sebanyak 21 anak yatim mendapatkan santunan berupa uang tunai,” tutur lelaki yang akrab disapa Gus Farid ini.

Ia mengungkap selain menyemarakkan Ramadan, program yang dilakukan pihaknya juga bertujuan agar masyarakat sekitar ikut sejahtera dengan keberadaan pondok pesantren.

Menurutnya, hal ini juga perlu dipikirkan selain pendidikan agama Islam. Ia tidak mau pesantren hanya menjadi lembaga pendidikan agama saja. Pesantren harus mempunyai fungsi sosial.

“Biar keberadaan pesantren betul-betul diraskan kehadirannya di masyarakat. Jadi, pesantren tidak hanya punya fungsi pendidikan, namun juga ada fungsi pemberdayaan sosialnya,” kata dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...