Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Dapat THR, Disnakertrans Grobogan: Silahkan Lapor Ke Kami

Tak Dapat THR Disnakertrans Grobogan Silahkan Lapor Ke Kami

Kepala Disnakertrans Grobogan Teguh Harjo Kusumo. (MURIANEWS/Saiful Anwar).

MURIANEWS, Grobogan – Para pekerja di Grobogan yang tak mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dari tempat kerjanya dipersilahkan untuk lapor pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) setempat.

Disnakertrans Kabupaten Grobogan sendiri sudah membuka posko informasi dan pengaduan THR. Posko itu ditempatkan di kantor Disnakertrans Grobogan.

Untuk diketahui, pembayaran THR paling lambat diberikan 25 April 2022 mendatang. Itu merupakan tanggal H-7 Lebaran, sesuai dengan aturan dari Pemerintah Pusat.

Baca: Kerja Belum Setahun Bisa Terima THR, Ini Penjelasan Disnakertrans Grobogan

Apabila sampai lewat tanggal tersebut pihak perusahaan tidak memberikan THR sesuai aturan yang berlaku, maka pekerja bisa melaporkan ke posko pengaduan THR.

Kepala Disnakertrans Grobogan Teguh Harjokusumo mengungkapkan, berbeda dengan tahun sebelumnya, perusahaan tidak diperbolehkan mencicil THR. Sebab, situasi ekonomi saat ini dianggap sudah membaik.

“Kalau tahun lalu memang boleh dicicil. Karena situasi ekonomi sedang turun. Untuk tahun ini, meskipun belum sepenuhnya pulih, tapi ekonomi sudah membaik. Jadi tidak boleh lagi dicicil pembayarannya,” kata Teguh, Sabtu (23/4/2022).

Berdasarkan pantauan pihaknya di sejumlah perusahaan baru-baru ini, semuanya berkomitmen membayarkan THR sesuai dengan aturan.

Di toko swalayan Luwes contohnya. Pihak perusahaan tersebut berkomitmen membayarkan THR kepada 150 karyawan.

“Di Luwes, berdasarkan pemantauan kami, pihak HRD akan membayarkan THR sesuai ketentuan,” paparnya.

Wilda, salah satu pekerja di PT Pungkook Indonesia One di Kecamatan Wirosari mengatakan, THR dari perusahaan akan diberikan pada hari terakhir ketentuan, yakni 25 April 2022 mendatang.

“Pemberian THR tanggal 25 April. Untuk masa kerja di atas setahun sebesar satu kali upah, sedangkan di bawah satu tahun, besarannya proporsional,” terangnya.

Untuk diketahui, UMK Grobogan pada 2022 yakni sebesar Rp 1.894.032. Angka tersebut naik Rp 4 ribu dibanding tahun 2021 lalu sebesar Rp 1.890.000.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.