Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jokowi Larang Ekspor Minyak Goreng, Ini Kata Pengusaha Sawit

Jokowi Larang Ekspor Minyak Goreng, Ini Kata Pengusaha Sawit
Minyak goreng ilegal temuan Polda Jateng di Pasar Boja Kendal. (Humas Polda Jateng)

MURIANEWS, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan larangan ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng mulai 28 April 2022. Ketentuan tersebut akan berlangsung sampai batas waktu yang ditentukan kemudian.

Mengenai hal ini, pengusaha kepala sawit dalam negeri pun tidak bisa berbuat banyak. Mereka harus patuh atas keputusan yang sudah diambil oleh presiden tersebut.

Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Tofan Mahdi mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah yang ditembuh presiden. Apalagi, saat ini emmang pemerintah sedang berupaya untuk mencukupi kebutuhan pokok dalam negeri, termasuk minyak goreng.

“Kami menghormati dan akan melaksanakan kebijakan seperti yang disampaikan oleh Presiden,” ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (22/4/2022).

Baca: Jokowi Tunrun Tangan, Larang Ekspor Minyak Goreng dan Minyak Sawit Mulai 28 April

Kendati demikian, pihaknya akan memonitor perkembangan di lapangan setelah berlakunya kebijakan tersebut.

Menurutnya, jika kebijakan ini membawa dampak negatif kepada keberlanjutan usaha sektor kelapa sawit, pihaknya akan memohon kepada pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan tersebut. Sehingga kedepannya tidak ada yang dirugikan atas kebijakan itu.

“Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan dalam mata rantai industri sawit untuk memantau dampak kebijakan tersebut terhadap keberlanjutan usaha sektor kelapa sawit,” pungkasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...