Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Alamak! BCB Benteng Keraton Kartasura Dirobohkan Warga, Alasannya…

Lokasi benteng Keraton Kartasura, di Kampung Krapyak Kulon RT002/RW010, Kelurahan Kartasura, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, yang dijebol alat berat, Jumat (22/4/2022). (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

MURIANEWS, Sukoharjo – Benda Cagar Budaya (BCB) berupa tembok benteng Keraton Kartasura di Kampung Krapyak, Kelurahan Kartasura, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, dijebol warga dengan alat berat, Kamis (21/4/2022).

Benda bersejarah tersebut dirobohkan Kamis (21/4/2022) pukul 11.00 WIB kemarin. Akibatnya, tembok benteng berupa susunan batu bata sepanjang tiga meter rata dengan tanah.

Warga setempat, Tri (45) mengakui penjebolan tersebut diketahui oleh masyarakat setempat. Hanya saja, warga tak memiliki wewenang untuk menghentikan kegiatan tersebut.

Menurutnya, setelah mendengar dan melihat kejadian tersebut, warga melaporkan aktivitas itu kepada pihak berwenang seperti lurah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan lainnya.

Melansir Solopos.com, pemilik tanah di sekitar tembok benteng yang dijebol, Burhanudin (45) mengaku tak tahu jika lokasi tersebut masuk dalam cagar budaya.

Menurutnya, patok tanah yang dibelinya itu berada di luar tembok benteng. Pria asal Sraten, Gatak, Sukoharjo, itu mengaku pemilik tanah sebelumnya berasal dari Lampung dan tidak tahu menahu jika lokasi tersebut menjadi cagar budaya.

“Itu kan masuk luas tanahnya SHM (Sertifikat Hak Milik), terus IK (patok)-nya ada di luar tembok itu. Saya tidak tahu (kalau tembok itu cagar budaya) kalau ada kan (harusnya) ada tulisannya,” jelasnya, Jumat (22/4/2022).

Dia menjeaskan, awalnya hanya ingin membersihkan semak-semak di sekitar pagar. Kemudian, penjebolan tembok dilakukan untuk membuat akses masuk.

Tak hanya melakukan penjebolan, dia mengaku meratakan tanah yang berada di tengahnya mengingat tanah di kawasan itu tidak landai.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...