Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Gelar Operasi Ketupat Candi Amankan Mudik Lebaran

Bupati Kudus menyematkan pita ke personel yang bertugas dalam Oeprasi Ketupat Candi pengamanan Lebaran 2022. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Operasi Ketupat Candi 2022 digelar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai 28 April hingga 9 Mei 2022. Operasi ini ditandai dengan gelar pasukan di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Jumat (22/4/2022).

Operasi itu difokuskan untuk pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Gelar pasukan yang dipimpin oleh Bupati Kudus HM Hartopo itu diikuti ratusan personel gabungan dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD hingga sejumlah ormas. Tak hanya personel yang disiagakan seratusan armada berbagai jenis juga dicek kesiapannya.

Bupati Kudus HM Hartopo dalam sambutanya menyampaikan amanat Kapolri dalam pengamanan dan penguatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat libur Lebaran nanti. Kudus sendiri, siap melaksanakannya.

“Amanat dari Pak Kapolri intinya semua harus dilakukan antisipasi. Baik untuk mobilitas maupun kesiapsiagaan terkait potensi adanya hal – hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Baca: Kuota Mudik Gratis untuk Kudus Sudah Penuh

Ada banyak hal yang menjadi atensi saat libur Lebaran ini. Seperti pengawasan protokol kesehatan di berbagai tempat, melakukan testing, tracing dan treathmen secara acak, random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan pelayanan vaksinasi dan isolasi dibeberapa tempat.

Tak hanya itu, penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah Idulfitri di masjid-masjid maupun di lapangan juga akan dilakukan.

“Banyak hal yang harus kami waspadai dan kami juga akan lakukan pengawasan ketat, termasuk untuk tempat termasuk pariwisata. Sehingga segala sesuatu yang tidak diinginkan hingga adanya radikalisme, terorisme bisa terjaga dan termonitor dengan baik,” pungkasnya.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...