Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jembatan Juwana Pati Bakal Direnovasi

Jembatan Juwana Pati Bakal Direnovasi
Simulasi arus lalu lintas saat pengerjaan Jabatan Juwana, Kamis (21/4/2022). (MURIANEWS/Humas Pemkab Pati)

MURIANEWS, PatiJembatan Juwana I Kabupaten Pati, Jawa Tenga bakal direnovasi. Lokasi itu merupakan satu di antara 37 jembatan di Pulau Jawa yang akan direnovasi.

Koordinator Penggantian Jembatan Jateng Fatoni mengatakan perbaikan jembatan-jembatan itu total dianggarkan hingga Rp 2 triliun. Nantinya jembatan akan di rombak total.

“Jadi ini satu paket penggantian jembatan dari Kementerian PUPR. Di Pati ini masuk dalam paket itu,” kata dia, Rabu (20/3/2022) kemarin.

Baca: Ibu Bayi Dibuang di Jembatan Pati Masih Pelajar, Sang Bapak Misterius

Rencananya, perbaikan Jembatan Juwana 1 memakan waktu hampir satu tahun. Perbaikannya dimulai pada 14 Mei 2022 dan ditarget rampung 13 April 2023.

“Mulai dikerjakan pada Mei. Untuk waktu pengerjaannya paling cepat delapan bulan,” lanjut dia.

Ia mengatakan pemerintah pusat merombak jembatan Juwana lantaran usianya sudah 50 tahunan. Maka diperlukan perbaikan total karena dikhawatirkan ada kerusakan di kemudian hari bila tidak segera direnovasi.

“Jadi kenapa Jembatan Juwana diganti, soalnya sudah berumur 50 tahun. Dikhawatirkan ada kerusakan yang berdampak pada pengguna jalan. Biar tidak ambruk tiba-tiba. Oleh sebab itu, Kementerian PUPR menganggarkan penggantian jembatan,” imbuhnya.

Soal desainnya, nantinya Juwana yang baru bisa dilintasi perahu di bawahnya. Rencananya, kondisi normal, jarak antara jembatan dan sungai setinggi 4 meteran. Sedangkan kondisi banjir, jaraknya 2,8 meter.

“Kami menampung aspirasi dari Pemkab dan juga warga. Jadi desain kami tentunya menampung aspirasi mereka. Sehingga kapal-kapal kecil bisa melintasi di bawah jembatan baru,” tandas dia.

Pada hari ini, Kamis (21/4/2022), jajaran Forkopimda Kabupaten Pati menggelar simulasi pengerjaan pembangunan jembatan ini. Simulasi ini diperlukan untuk mencari cara agar nantinya saat pengerjaan tidak menimbulkan kemacetan.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...