Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui Bahaya Menggunakan Helm Tanpa Dilengkapi Visor

Ketahui Bahaya Menggunakan Helm Tanpa Dilengkapi Visor
Foto: Ilustrasi helm tanpa visor (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Fungsi helm seringkali dianggap sepele bagi sebagian pengendara motor. Mereka ini beranggapan kalau helm hanyalah sebagai pelengkap saat berkendara.

Padahal, helm ini punya fungsi yang sangat penting. Yakni, melindungi kepala kita saat berkendara. Disamping itu, penggunaan helm merupakan aturan dalam berkendara.

Meski fungsinya sangat vital, namun pada kenyataannya banyak pengendara yang bepergian tidak menggunakan helm. Lalu, banyak pula yang menggunaan helm seadanya yang tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan semata-mata hanya untuk syarat agar tidak ditilang.

Baca juga: Tips Mengatasi Kaca Helm Berembun saat Musim Hujan

Melansir dari Astra Motor, helm-helm yang tidak sesuai standar ini tidak akan mampu melindungi kepala dengan baik ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Biasanya bahan yang digunakan lebih tipis dan mudah pecah.

Banyak pula yang didesain hanya untuk terlihat menarik, tidak jarang pula ditemukan helm-helm non standar yang tidak dilengkapi dengan kaca pelindung atau visor.

Banyak alasan yang mendasari pengendara memilih helm non standar, umumnya masalah harga atau gaya dan kepraktisan.

Namun jika ditelaah lebih lanjut benarkah pilihan menggunakan helm non standar tanpa visor ini sebanding dengan risiko yang akan kita tanggung ketika terjadi hal yang tidak diinginkan?

Bahaya Menggunakan Helm Tanpa Visor

Walaupun tampaknya sepele, visor pada helm memiliki peranan yang tidak kalah penting untuk keselamatan berkendara. Berikut ini akan dibahas mengenai risiko yang mungkin Anda tanggung ketika memilih menggunakan helm tanpa kaca pelindung atau visor.

1. Pandangan Tergangu karena Silau

Kebanyakan visor pada helm standar dilengkapi dengan penangkal sinar UV, kondisi ini penting saat anda berkendara pada siang hari karena terkena sinar matahari langsung akan membuat penglihatan menjadi silau dan mengurangi kewaspadaan saat mengemudi. Selain silau paparan sinar UV dalam jangka panjang akan merusak penglihatan Anda secara permanen.

2. Masuknya Benda Asing ke Dalam Mata

Pemakaian visor juga berguna untuk menghalangi masuknya partikel debu, kotoran hingga serangga kecil yang beterbangan di jalan. Jika Anda tidak memakai visor saat berkendara besar kemungkinan benda-benda asing tersebut masuk kemata.

Reflek mengucek mata sata berkendara tentu saja sangat berbahaya, selain penglihatan terhalang pegangan Anda pada kemudi juga menjadi tidak stabil. Hal tersebut tentu saja akan meningkatkan risiko terjatuh atau menabrak sesuatu.

3. Mata Menjadi Kering dan Iritasi

Kaca pelindung pada helm juga berfungsi memecah angin, saat berkendara dengan motor tentu saja Anda akan terkena paparan angin secara langsung dan besarnya terpaan angin ini berbanding lurus dengan kecepatan laju kendaraan Anda.

Jika anda menggunakan helm tanpa visor angin akan menerpa bagian wajah tanpa adanya penghalang. Jika hal ini terjadi terus menerus tentunya mata akan terasa kering bahkan bisa terjadi iritasi.

Mata yang terasa kering bahkan pedih akan mengurangi konsentrasi anda dalam mengemudi dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Dengan mengetahui beberapa risiko di atas tentunya Anda dapat menelaah lebih lanjut seberapa penting visor atau kaca pelindung untuk berkendara.

Nah, bagi penggemar helm retro memakai google atau kacamata pelindung nampaknya bisa menjadi alternatif solusi meskipun kurang optimal.

Sebaiknya selalu gunakan helm sesuai standar keamanan yang berlaku dilengkapi dengan visor. Karena saat terjadi kecelakaan bisa saja anda tidak hanya mencelakai diri sendiri namun juga melibatkan orang lain di dalamnya.

Tetaplah mengutamakan keselamatan saat berkendara dan patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Comments
Loading...