Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Batal Izinkan Takbir Keliling

Bupati Kudus HM Hartopo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo tak jadi mengizinkan warganya warganya menggelar takbir keliling di Kota Kretek. Prosesi takbiran, diharapkan bisa dilaksanakan di masing-masing masjid saja.

Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan keputusan tersebut, Rabu (20/4/2022) siang. Hartopo mengatakan, Surat Edaran (SE) dari Kementerian Agama terkait hal tersebut baru diterimanya hari ini.

“SE-nya baru masuk pagi tadi, jadi kami di daerah mengikuti aturan dari pemerintah pusat saja yang mana menyebutkan takbir keliling itu dilarang,” kata Hartopo.

Pihaknya pun berharap masyarakat memaklumi kebijakan ini. Hartopo mengatakan, pemerintah pusat pasti punya pertimbangan yang baik atas kebijakannya.

“Kami sendiri mengimbau masyarakat untuk bisa menaati aturan ini, agar tidak terjadi hal yang diinginkan,” sambungnya.

Baca: Kemenag Kudus Keluarkan Imbauan soal Takbir Keliling, Begini Isinya

Dia menambahkan, dalam waktu dekat pemkab akan berkoordinasi dengan unsur pimpinan daerah lainnya terkait pelaksanaan SE ini. “Soal sanksi dan sebagainya akan kami koordinasikan,” pungkasnya.

Surat Edaran dari Kementerian Agama bisa dibaca dengan klik di sini.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kudus menunggu kejelasan pelaksanaan takbir keliling menjelang Hari Raya Idulfitri tahun 2022 ini. Jika tidak ada imbauan, maka Pemkab memperbolehkan perayaan tersebut dijalankan.

Baca: Bupati Kudus Perbolehkan Takbir Keliling, Tapi…

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan hal tersebut, Selasa (19/4/2022). Secara pribadi, Hartopo juga menyatakan tidak masalah bila takbir keliling digelar.

Namun, syaratnya tetap harus menjalankan protokol kesehatan dan dilaksanakan dengan peserta yang dibatasi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.