Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Anak Buahnya Jadi Tersangka Kasus Ekspor Minyak Goreng, Mendag Buka Suara

Anak Buahnya Jadi Tersangka Kasus Ekspor Minyak Goreng, Mendag Buka Suara
Minyak goreng ilegal temuan Polda Jateng di Pasar Boja Kendal. (Humas Polda Jateng)

MURIANEWS, Jakarta- Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Luthfi akhirnya buka suara terkait anak buahnya yang ditetapkan sebagai tersangka kasus ekspor minyak goreng di tengah kelangkaan minyak goreng dalam negeri. Dalam hal ini yang sudah ditetapkan adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan berinisial IWW.

IWW dalam hal ini tidak sendiri, dia ditetapkan bersama dengan tiga tersangka lain dari pihak swasta.

Luthfi mengaku tetap dan terus mendukung proses hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung terkait dugaan gratifikasi atau suap pemberian izin penerbitan ekspor (PE) minyak goreng.

“Kementerian Perdagangan mendukung proses hukum yang tengah berjalan saat ini. Kementerian Perdagangan juga siap untuk selalu memberikan informasi yang diperlukan dalam proses penegakan hukum,” tegas Lutfi dalam keterangannya, Selasa (19/4/2022).

Baca: Kejagung Tetapkan 4 Tersangka Kasus Ekspor Minyak Goreng Ditengah Kelangkaan

Dalam menjalankan fungsinya, Lutfi selalu menekankan jajarannya agar pelayanan perizinan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan transparan. Untuk itu, Lutfi mendukung proses hukum jika terbukti terjadi penyalahgunaan wewenang.

“Saya telah menginstruksikan jajaran Kemendag untuk membantu proses penegakan hukum yang tengah berlangsung karena tindak korupsi dan penyalahgunaan wewenang menimbulkan kerugian negara dan berdampak terhadap perekonomian nasional serta merugikan masyarakat,” pungkas Mendag.

Baca: 4 Tersangka Kasus Ekpor Minyak Goreng Saat Langka Langsung Ditahan  

Diketahui, tiga tersangka lainnya dalam hal ini adalah SMA, Senior Manager Corporate Affairs Permata Hijau, MPT Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, dan inisial PT sebagai General Manager bagian General Affairs PT Musim Mas.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.