Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Janji Bisa Loloskan CPNS, Pensiunan PNS di Cilacap Dipolisikan

Dua tersangka penipuan CPNS dihadirkan saat jumpa pers di Mapolres Cilacap. (Humas Polres Cilacap)

MURIANEWS, Cilacap – Diduga melakukan Tindakan penipuan bermodus bisa meloloskan CPNS, seorang pensiunan PNS berinisial D dan karyawan swasta berinisial AAS dipolisikan.

Hal ini setelah keduanya tak bisa membuktikan janji manisnya usai korban mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah.

Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro mengatakan, kasus tersebut berawal saat orang tua korban bertemu tersangka di sebuah acara resepsi pernikahan. Saat itu ia bercerita anaknya sedang mencari pekerjaan dengan melamar CPNS.

”Saat itu tersangka mengatakan sanggup untuk bisa membantu proses masuk sebagai CPNS, dengan jangka waktu 3-1 tahun bisa menerima SK CPNS,” katanya, Selasa (19/4/2022).

Setelah itu, lanjutnya, tepatnya di hari Jumat tanggal 30 September 2011 korban atau pelapor datang ke rumah tersangka dan melaksanakan kesepakatan proses CPNS itu.

Kala itu korban menyerahkan uang kepada tersangka secara bertahap dan setiap menyerahkan diberikan kwitansi sampai dengan total Rp 157 juta. Ternyata setelah menunggu lama apa yang dijanjikan tersangka tidak terwujud.

”Merasa tertipu dengan janji tersangka, setelah sekian tahun akhirnya pada tanggal 30 Maret 2022 korban melaporkan kejadian tersebut ke Pihak Kepolisian,” ungkap Kapolres

Adapun barang bukti yang berhasil di amankan oleh petugas yaitu dua lembar struk penyetoran dari bank BRI dan tiga lembar kwitansi pembayaran.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP Jo 372 KUHP dengan ancaman pidana paling lama empat tahun penjara.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...