Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Warga Dukuh Gronggong Bangun Bak Air Bersih, Tampungan di Musim Kemarau

Bak Air Bersih

Pembangunan bak air bersih di Dukuh Gronggong, Desa Tanjung, Pakis Aji, masih berlangsung. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Warga Dukuh Gronggong, Desa Tanjung, Pakis Aji, Jepara membangun bak air bersih. Pembuatan bak air bersih ini dimaksudkan untuk mempermudah warga untuk mendapatkan air bersih kebutuhan sehari-hari.

Selama ini, Dukuh Gronggong memang termasuk wilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih. Terutama pada saat musim kemarau, mereka dihadapkan pada masalah kekurangan air bersih.

Sunarto, Sekretaris Komisi D DPRD Jepara, Minggu (17/4/2022) berkesempatan melihat secara langsung pembangunan bak air bersih ini. Pembangunan bak air bersih sejauh ini memang masih dalam proses.

Menurut Sunarto, keberadaan bak air bersih ini dipastikan akan sangat membantu warga yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih. Selama ini warga harus mengandalkan sumber air yang letaknya sekitar 1,2 km dari wilayah tempat tinggal mereka.

BACA JUGA: Kekeringan di Jepara Meluas, 32 Desa Krisis Air Bersih

“Kami berharap pembangunannya segera bisa selesai dan bisa dimanfaatkan oleh warga. Jangan sampai untuk pemenuhan air bersih, mereka harus kesusahan,” ujar Sunarto, Minggu (17/4/2022).

Warga Gronggong selama ini mengandalkan air di sumur-sumur milik mereka dengan kapasitas terbatas. Jika memasuki musim kemarau, mereka dipastikan sudah tidak mampu mendapatkan suplai air bersih dari sumber-sumber yang ada di wilayahnya.

Dijelaskan oleh Sunarto, warga akhirnya mengambil air bersih dari sumber air yang bernama Belik Gelam. Letak sumber air ini berjarak 1,2 Km dan harus ditempuh warga untuk mendapatkan air bersih.

Pembangunan bak air ini, direncanakan akan menggunakan sumber air di Belik Gelam untuk menyumplainya. Dengan menggunakan jaringan pipa sepanjang 1,2 km, air dari Belik Gelam di salurkan di bak penampungan ini. Selanjutnya baru disalurkan ke rumah-rumah warga.

“Kami membawa aspirasi kami ke Pemkab Jepara, dan mendapatkan alokasi dana bantuan senilai Rp60 juta. Selanjutnya ditambah swadaya masyarakat, akhirnya bisa dimulai pembangunan bak air bersih ini,” jelas Sunarto.

Diharapkan dengan selesainya pembangunan bak air ini warga Gronggong tidak lagi mengalami kesulitan dalam pemenuhan air bersih. Sehingga nantinya sebanyak 120-an KK yang terbagi dalam dua RT di Gronggong bisa mudah dalam mendapatkan akses air bersih.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.