Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Belum Tahu Cara Daftar SIM Online dari Rumah? Ini Panduannya

Belum Tahu Cara Daftar SIM Online dari Rumah? Ini Panduannya
Foto: Ilustrasi daftar SIM online (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Melakukan serangkaian aktivitas secara online atau daring sudah lazim dilakukan seiring datangnya pandemi. Salah satunya adalah mengurus surat izin mengemudi (SIM).

Dengan dukungan teknologi, Anda bisa melakukan pendaftaran SIM secara online dari rumah. Adanya layanan ini tentunya sangat memudahkan bagi yang ingin memiliki SIM.

Melansir dari Auto2000, Sabtu (16/4/2022), sekarang Korlantas telah mengeluarkan aplikasi digital Korlantas yang melayani perpanjangan SIM secara online. Anda bisa langung download aplikasi ini di Play Store atau App store dengan mengetik SINAR, SIM Nasional Presisi.

Baca juga: Ini Biaya Pembuatan SIM Baru Tahun 2022

Namun untuk permohonan SIM baru belum bisa dilakukan diaplikasi ini. Informasi terakhir, pengembangan masih terus dilakukan oleh korlantas. Meskipun begitu, Anda bisa melakukan permohonan pembuatan SIM online melalui website resmi Korlantas.

Registrasi yang dilakukan secara online didukung pula oleh keunggulan seperti menentukan jadwal kedatangan ke kantor Satpas terdekat. Kalau sudah begini, maka akan jauh lebih mudah. Ingin tahu lebih lengkap mengenai langkah-langkah daftar SIM online dari rumah? Simak rangkumannya di bawah ini:

Langkah-langkah Daftar SIM Online

Untuk melakukan pendaftaran SIM online, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Penjelasannya bisa Anda perhatikan berikut ini.

1. Anda perlu melakukan registrasi online di dalam website Korlantas Polri (http://sim.korlantas.polri.go.id/). Tenang saja, proses pendaftaran ini berlangsung dengan cepat asalkan Anda sudah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan, seperti KTP dan surat keterangan lainnya.

2. Setelah membuka website tersebut, pilih menu “Pendaftaran SIM Online” yang berada di halaman depan. Sekarang saatnya Anda memulai proses pendaftaran.

3. Di dalam halaman ini, ada beberapa bagian yang harus Anda isi sesuai dengan permintaan. Isi data permohonan seperti: golongan atau jenis SIM (SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM C, SIM D), jenis permohonan, Polda kedatangan, dan Satpas kedatangan untuk ujian.

4. Selanjutnya, Anda bisa memulai isi data diri. Isi bagian ini secara lengkap dan jelas sesuai dengan KTP. Begitu juga dengan masukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK.

5. Anda juga akan diminta untuk mengisi data keadaan darurat. Data ini sangat berguna untuk Anda ketika mengalami insiden di tengah jalan.

6. Sekarang Anda harus melakukan konfirmasi data yang telah diisi sebelumnya. Periksa semua informasi dengan saksama agar tidak ada yang salah. Jika sudah, saatnya lakukan pembayaran biaya pembuatan SIM.

7. Di dalam bagian pembayaran, Anda diminta untuk memilih metode pembayaran pembuatan SIM yang telah tersedia. Pilih metode yang paling cocok untuk Anda.

8. Kemudian Anda diminta untuk memilih jadwal kedatangan ke Satpas.

9. Anda akan diminta mengisi rekening pengembalian dana. Mengapa ada bagian ini? Ketika proses pembuatan SIM tidak bisa dilanjutkan karena pemohon mengundurkan diri atau tidak lolos ujian, maka dana akan dikembalikan.

10. Terakhir, Anda tinggal menyetujui pendaftaran SIM online.

Langkah Selanjutnya untuk Pembuatan SIM Online

Setelah mengikuti langkah cara bikin SIM online, sekarang Anda hanya perlu datang ke kantor Satpas dengan membawa bukti registrasi. Tentunya sesuai dengan lokasi kantor dan juga jadwal kedatangan.

Anda akan melakukan beberapa tahap lainnya. Pertama adalah menjalani pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

Selanjutnya melakukan proses foto dan pengambilan sidik jari. Langkah terakhir adalah melakukan ujian praktik dan teori dalam berkendara. Kalau semua tes lancar, maka SIM Anda bisa segera jadi.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.