Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Membuat GIF di Twitter Tanpa Menggunakan Aplikasi, Begini Caranya

Membuat GIF di Twitter Tanpa Menggunakan Aplikasi, Begini Caranya
Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Aplikasi Twitter sejak beberapa waktu lalu sudah bisa untuk membuat gambar bergerak atau Graphics Interchange Format (GIF). Pembuatan GIF ini dapat dilakukan secara langsung di dalam aplikasi Twitter versi terbaru, khususnya pada perangkat iOS.

Melansir dari gadgetren.com, Rabu (13/4/2022), sebagai salah satu platform media sosial yang masih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, Twitter terus melakukan pembaruan pada layanannya dengan menghadirkan dukungan dan fitur baru yang bisa sangat berguna.

Platform microblogging asal San Francisco tersebut belum lama ini bahkan mengumumkan sebuah dukungan baru untuk memberikan kemampuan tambahan pada fitur pengambilan gambar lewat kamera di dalam aplikasinya.

Baca juga: Asyik, Twitter Rencananya Bakal Hadirkan Fitur Edit Cuitan

Dengan dukungan baru pada kamera ini, kita pun kini dapat membuat gambar GIF yang bisa langsung dibagikan ke beranda Twitter secara lebih praktis tanpa perlu lagi bergonta-ganti layanan maupun aplikasi.

Meskipun sekarang baru tersedia untuk perangkat berbasis iOS, dukungan baru ini tentunya dapat membantu kita merancang cuitan secara lebih kreatif. Kita apalagi dapat memanfaatkannya dengan mudah selayaknya membuat unggahan video maupun foto.

Cara Membuat Gambar GIF di Twitter

1. Pasang aplikasi Twitter versi teranyar

2. Login dengan akun yang dimiliki jika dibutuhkan

3. Klik tombol Compose Tweet (ikon plus)

4. Pilih menu Camera (ikon kamera) di bawah kolom pembuat cuitan

5. Ketuk GIF pada menu pengambilan gambar di baris bawah

6. Ubah setelan untuk kamera depan atau belakang

7. Tekan Record (tombol pengambilan gambar)

8. Ubah model GIF dengan mengetuk salah satu ikon anak panah di bagian atas

9. Ketuk Use GIF jika sudah sesuai

10. Atau ketuk Retake jika ingin mengulangi proses pengambilan video

Berbeda dengan merekam video secara umum, fitur pengambilan GIF di aplikasi Twitter hanya berdurasi selama beberapa detik. Karenanya kita harus langsung mengarahkan kamera ke obyek diinginkan setelah menekan tombol Record.

Di samping itu, kita pun dapat memilih dua model GIF setelah melakukan perekaman video. Adapun dalam hal ini termasuk perulangan dengan alur maju maupun bolak-balik dengan mengetuk tombol anak panah yang sesuai.

Anak panah tunggal akan mengubah video yang kita rekam menjadi GIF dengan alur maju di mana setelah selesai akan melakukan pengulangan dari awal. Sementara anak panah ganda bakal membuat alur menjadi bolak-balik.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: gadgetren.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.