Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Punya Potensi Pertanian Besar, Grobogan Butuh Combine 1.000 Unit

Punya Potensi Pertanian Besar, Grobogan Butuh Combine 1.000 Unit
Pengiriman perdana satu unit Traktor MAXXI TR4 dan 3 unit Combine Harvester MAXXI BIMO untuk petani yang dilepas langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Grobogan serta direktur PT Corin Mulia Gemilang (MURIANEWS/istimewa)

MURIANEWS, Kudus– Kabupaten Grobogan memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Di mana, saat ini, Kabupaten Grobogan merupakan salah satu daerah penyangga pangan nasional dan Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Grobogan Sunanto mengungkapkan, Grobogan mempunyai potensi tanam jagung seluas 125 ribu hektare, padi 135 ribu hektare dan kedelai 25 ribu hektare. Dengan luasan sebanyak itu, jumlah uang beredar di petani sekitar Rp 7,5 triliun per tahun.

Mengingat potensi yang besar, maka diperlukan alat pertanian untuk masa panen. Salah satunya adalah alat combine yang memiliki keunggulan dan menguntungkan petani.

Baca juga: Puluhan Pramuka Saka Taruna Bumi Grobogan Dilatih Operasikan Alsintan Modern, Ini Tujuannya

“Kita membutuhkan putaran combine kisaran 1.000 Unit. Keunggulan combine adalah selain biaya lebih murah juga tingkat kehilangan hasil panen yang kecil, di bawah 2 persen, sehingga menguntungkan bagi petani,” katanya.

Kebutuhan akan alat dan mesin pertanian saat ini makin terbantu dengan hardirnya kantor pemasaran baru PT Corin Mulia Gemilang di Grobogan. Perusahaan ini sudah membuka Showroom MAXXI Grobogan yang di jalan Diponegoro No 90 A, Depan Pasar Danyang, Kecamatan Purwodadi, Selasa (29/3/2022).

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengiriman perdana satu unit Traktor MAXXI TR4 dan 3 unit Combine Harvester MAXXI BIMO dan dilepas langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Grobogan serta direktur PT Corin Mulia Gemilang.

Direktur PT Corin Mulia Gemilang Jemmy Eka Putra mengatakan, perusahaannya bergerak di bidang alat mesin pertanian, Di wilayah Jateng sudah mempunyai lima cabang pemasaran. Yaitu, Kudus, Sragen, Pemalang, Cilacap dan Grobogan.

Hadirnya Showroom MAXXI Grobogan ini dapat memberikan beberapa manfaat serta peran. Antara lain, mendekatkan kepada konsumen dalam kebutuhan alsintan Maxxi, mempermudah kebutuhan sparepart.

Kemudian, mendekatkan dengan pelayanan service, memperkuat ekosistem kemitraan MAXXI TANI Tehnologi di Grobogan. Selain itu, pihaknya juga menyediakan inovasi kebutuhan alsintan sesuai kebutuhan masyarakat, misalnya mesin panen kedelai.

“Dengan potensi besar Grobogan, kami berharap bisa bersinergi untuk Pertanian di Grobogan dan Jawa Tengah umumnya,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.