Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

5 Tersangka Teroris yang Ditangkap Densus 88, Ternyata Para Petinggi NII Tangerang

5 Tersangka Teroris yang Ditangkap Densus 88, Ternyata Para Petinggi NII Tangerang
ILUSTRASI

MURIANEWS, Jakarta- Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri telah menyeret lima tersangka teroris dari Kabupaten Tangerang Selatan (Tangkesl), Banten. Belakangan, lima tersangka itu diketahui merupakan petinggi dari kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar menuturkan bahwa kelima tersangka itu berinisial SA, SO, TA, AHA alias Y, dan MH.

“SO keterlibatan sebagai Ketua (NII) Tangerang Selatan. MH berperan sebagai sekretaris NII wilayah Tangsel. Ia juga tergabung dalam menyelenggarakan kegiatan pertemuan di wilayah Depok,” kata Aswin, dikutip dari CNNindonesia.com, Jumat (8/4/2022).

Baca: Densus 88 Antiteror Tangkap Lima Tersangka Teroris di Tangsel 

Aswin menjelaskan SO aktif menggelar pertemuan di wilayah Green Village, Depok. SO juga pernah datang ke Sumatera Barat untuk bertemu dengan 250 orang yang tergabung dalam NII.

Lebih lanjut, Aswin menyebut tersangka berinisial AHA alias Y menjabat sebagai ketua NII wilayah Tangerang Kota. Mereka bertiga aktif bertemu dengan anggota NII Sumbar.

“Turun ke Sumbar bersama perwakilan dari Tangkot dan Tangsel sejumlah 6 orang untuk membuka daerah rintisan,” ujarnya.

Baca: Kelewat Batas, 16 Tersangka Teroris Jaringan NII di Sumbar Diduga Rekrut Anak-Anak

Aswin menyebut tersangka SA juga aktif menyelenggarakan pergantian struktur di NII. Ia diduga mendukung psikotes dan wawancara para anggota NII. Selain itu, kata Aswin, SA juga menerima dana sebesar Rp119,5 juta dari tersangka teroris lain yang sudah ditangkap.

“Saat ini masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap jaringan terkait,” katanya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...