Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

MENJELANG SENJA BERSAMA CAK NUN

Cak Nun: Puasa itu Kenyang dalam Bentuk yang Lain

Cak Nun dan Kiai Kanjeng dalam program menjelang senja persembangan PR Sukun. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Budayawan sekaligus ulama Emha Ainnun Najib (Cak Nun) menyebutkan, puasa itu bisa saja merupakan kenyang dalam bentuk yang lain.

Kenyang di sini, kata Cak Nun bukan tentang kenyang secara fisik. Melainkan sebuah kenyang atau rasa puas secara mental dan jiwa.

Aku warek lehku pasa (aku puas dalam berpuasa, red), itu bukan tentang fisiknya, tapi kepuasan batinnya,” kata Cak Nun dalam Menjelang Senja bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng persembahan PR Sukun, Selasa (5/4/2022).

Seorang yang beriman, kata Cak Nun, bisa saja merasakan hal tersebut. Asalkan, orang itu bersungguh-sungguh dalam menjalankan puasa dengan segala syariat-syariatnya dan ketentuannya.

Salah satunya adalah ketika ada seorang manusia beriman tengah berpuasa dan dia bisa menahan diri dari amarah.

“Ketika ada hal yang memicu amarahnya dia punya rasa ingin memukul atau meluapkan amarahnya, namun karena dia ingat sedang berpuasa, akhirnya mengurungkan niat, dia bersyukur bisa menahan emosinya dan akhirnya merasa puas atau kenyang karena berpuasa itu tadi,” imbuh dia.

Menjalankan ibadah dan syariat dalam berpuasa sendiri, kata Cak Nun, memang merupakan improvisasi dalam berpuasa.  Asal ikhlas maka akan mendapat kemuliaan.

Baca: Gondelan Syafaat Kanjeng Nabi yang Pas ala Cak Nun

Namun, bukan berarti sampai harus melebihi syariat-syariat yang ditentukan.

“Sama halnya ketika berbuka puasa, sudah disunahkan untuk segera berpuasa, kalau sudah ada azan silahkanlah berbuka puasa. Kalau menunggu lepas tarawih baru berbuka puasa itu bisa saja mengarahnya ke sombong,” pungkas Cak Nun.

Cak Nun menambahkan, puasa sendiri mempunyai makna yang sangat luas dan tidak terbatas dalam struktur dan syariat Islam saja. Manfaatnya pun bahkan sampai diakui oleh ilmu medis.

Baca: Cak Nun Bahas Kartu Vaksin Bebas dari Neraka

“Sampai orang barat yang pernah mengecam puasa, kini mengakui bahwa puasa ini bagus,” tandasnya.

Acara Menjelang senja bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng persembahan PR Sukun tayang di channel youtube MURIANEWS TV, CakNun.com, PR SUKUN, dan KIAI KANJENG.

Acara tersebut, tayang pada tanggal 7 April, 12 April, 19 April, 22 April, 25 April, 28 April, dan 1 Mei 2022.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...