Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hari Jadi Jepara Bakal Digelar Meriah

Hari Jadi Jepara Bakal Digelar Meriah
Para penari sedang berlatih untuk persiapan Hari Jadi Jepara ke-473. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Hari Jadi ke 473 Kabupaten Jepara jatuh pada 10 April 2022 nanti. Berbagai persiapan telah dimulai agar jalan acara berlangsung ancar.

Kustam Eka Jalu, Pimpinan Produksi Peringatan Hari Jadi Kabupaten Jepara mengatakan kegiatan tahunan itu dipastikan diselenggarakan dengan meriah.

Itu menyusul kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Jepara sudah mulai terkendali. Kondisi tersebut berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Di mana kegiatan Hari Jadi Jepara digelar sangat sederhana.

Baca juga: Hari Jadi Jepara, Luwur Makam Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat Diganti

“Kondisi pandemi di Jepara sudah kondusif. Kami juga sudah terbiasa menjalankan acara dengan protokol kesehatan. Untuk itu, tahun ini kami berani menggelarnya secara meriah,” kata Kustam, Senin (4/4/2022).

Untuk diketahui, pada dua tahun sebelumnya, penyelenggaraan Hari Jadi Jepara hanya dilaksanakan dengan ziarah ke makam-makam leluhur. Kegiatan itu diikuti Bupati dan pimpinan organisasi perangkat daerah.

Sementara, tahun ini, direncanakan dengan beberapa pertunjukan kesenian. Seperti tari gambyong dan beragam tarian lainnya.

Prosesi yang dilakukan Sendratari Laskar Kalinyamat itu rencananya dimulai di Pendapa RA Kartini. Kemudian, di tempat yang sama, akan dilaksanakan serah terima luwur atau kain penutup untuk kompleks Makam Mantingan.

“Total penari dan kru ada delapan puluh orang,” sebut Kustam.

Kemudian, lanjut Kustam, bupati dan OPD akan kirab menuju Makam Mantingan. Rombongan pejabat akan menaiki kereta kuda. Di belakangnya, akan ada iring-iringan mobil antik.

Lalu, sesampainya di Balai Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, tim sendratari Laskar Kalinyamat akan kembali mengiring rombongan sampai ke Makam Mantingan.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.