Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tips Makanan Buka Puasa Bagi Penderita Kolestrol

Soto Kerbau. (IG @kuponpergikuliner)

MURIANEWS, Kudus – Hal yang paling ditunggu saat berpuasa adalah berbuka pada saat magrib. Namun bagi penderita kolestrol, tak bisa makan makanan sembarangan untuk berbuka puasa, terlebih jika makanan berlemak dan santan.

Praktisi kesehatan dari RS Aisyiyah Kudus dr Agus Prastyo tidak memungkiri jika masyarakat masih menyukai makanan berlemak dan bersantan.

“Makanan berlemak seperti nasi padang itu tidak bagus bagi penderita kolesterol. Kemudian seafood, junk food, dan gorengan itu memicu kolesterol. Pengidap kolesterol sebaiknya menghindari makanan tersebut saat berbuka puasa,” katanya, Jumat (1/4/2022).

Baca: Nasi Muduk, Kuliner Khas Lamongan yang Masih Jarang Diketahui

Dia menyarankan agar pengidap kolesterol berbuka dengan makanan yang lebih sehat. Seperti sayur bening, sayur sop, pecel, jeruk nipis, lemon, dan lainnya.

“Misalnya minum jeruk nipis itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian bisa membersihkan saluran pernapasan juga dan bisa menurunkan kolesterol,” sambungnya.

Dia menambahkan, agar pasien berolahraga sepekan dua hingga tiga kali. Olahraga dapat dicoba setelah subuh. “Olahraganya yang ringan seperti jogging-jogging ringan,” ungkapnya.

Dokter Agus Prastyo juga menyarankan agar menghindari rokok dan minuman beralkohol.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...