Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Stok Pertalite di Jepara “Byar Pet”

Stok Pertalite di Jepara "Byar Pet"
Antrean warga di SPBU Jepara saat membeli BBM jenis pertalite. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Stok bahan bakar minyak jenis Pertalite di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah tak tentu. Padahal, melambungnya harga BBM jenis Pertamax membuat masyarakat beralih ke bensin Pertalite.

Rata-rata, SPBU di Jepara masih menyediakan BBM jenis pertalite. Sayangnya, BBM yang masih ramah di kantong rakyat kecil itu tidak ada setiap waktu.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah mengumumkan kenaikan harga BBM jenis Pertamax. Yakni, dari Rp 9.000 per liter jadi Rp 12.500 per liter.

Baca juga: Pertamax Naik, Pertamina Pastikan Pertalite di Jateng Aman

Pantauan MURIANEWS, sekitar pukul 09.00 WIB, pertalite masih tersedia di sejumlah SPBU. Seperti di SPBU Krasak Kecamatan Bangsri, Sekuro dan Jambu Kecamatan Mlonggo, Mambak Kecamatan Pakis Aji, Mulyoharjo Kecamatan Jepara dan Jepara Kota Kecamatan Jepara.

Pemandangan antrean panjang mengular bahkan hampir sampai ke jalan raya di SPBU pun tak terelakkan. Tak hanya kendaraan roda dua, banyak juga kendaraan roda empat yang membeli pertalite.

Manajer SPBU 44.594.06 Jepara Kota, Kecamatan Jepara, Winarso, mengatakan pertalite setiap hari selalu ada. Namun, ketersediaannya terbatas.

“Kalau di tempat kami memang pasti selalu ada. Tapi hanya ada di jam 06.00-11.00 WIB,” kata Winarso, Sabtu (2/4/2022).

Dalam sepekan, SPBU tempat kerja Winarso selalu dijatah pertalite Pertamina sebanyak 24 ribu liter. Setiap harinya, pertalite yang dijual sebanyak 4 ribu liter.

Sejak harga pertamax naik, lanjut Winarso, omset penjualannya meningkat. Dari yang semula sehari 4 ribu liter. Dalam dua hari ini menjadi 5 ribu liter.

Warsini, salah satu warga Kelurahan Demaan, Kecamatan Jepara, justru gagal mendapatkan pertalite. Dia datang pada pukul 10.05 WIB. Petugas SPBU pun sudah memasang tanda bahwa pertalite sudah habis.

“Sudah kehabisan. Kalau beli pertamax kemahalan,” kata Warsini sambil berlalu.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.