Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Senin Pertama Ramadan, Siswa di Kudus Libur

Pelaksanaan PTM di SDN 1 Jati Kulon Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus memutuskan untuk meliburkan siswa mulai dari jenang TK hingga SMP, pada Senin pertama Ramadan, yakni Senin (4/1/2022).

Hanya, ketentuan libur di awal Ramadan itu hanya berlaku bagi siswa saja. Kebijakan libur sehari itu, untuk memberikan kesempatan peserta didik dalam  menyambut dan mempersiapkan Ramadan 1443 H.

Kebijakan tersebut tertuang dalam surat edaran Disdikpora Nomor 420/607.1/09.02/2022 tentang libur awal puasa dan jam kerja bulan Ramadan 1443 H.

Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada membenarkan kebijakan libur sehari untuk siswa di tingkat TK-SMP di Kudus pada Senin (4/1/2022). Namun kebijakan tersebut tidak berlaku bagi guru dan tenaga kependidikan.

“Libur hanya untuk peserta didik. Guru, tenaga pendidikan, dan tenaga administrasi sekolah tetap melaksanakan tugas dan masuk seperti biasa,” katanya, Sabtu (2/4/2022).

Baca: Menag Putuskan Awal Ramadan 3 April 2022

Kemudian waktu pembelajaran efektif tatap muka untuk siswa saat Ramadan juga disesuaikan. Setiap jenjang pendidikan, memiliki waktu pembelajaran yang berbeda-beda.

“Setiap jam mata pelajaran (mapel) tatap muka di Ramadan, untuk TK/PAUD durasi 20 menit, SD 25 menit, dan 30 menit untuk SMP,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau kepada satuan pendidikan untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan saat pembelajaran di bulan Ramadan nanti. Sehingga, risiko penularan Covid-19 bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

“Harus tetap waspada dan hati-hati, jaga prokes saat dirumah maupun di sekolahan,” tegasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.