Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kekacauan di MotoGP Argentina 2022 Akibat Perang Rusia-Ukraina

MotoGP Argentina 2022
Perang Rusia-Ukraina diklaim Dorna, menjadi penyebab kekacauan MotoGP Argentina 2022.

MURIANEWS, Boenos Aires- Kekacauan yang terjadi di MotoGP Argentina 2022 disebut karena dampak perang Rusia-Ukraina. Krisis yang terjadi di Eropa itu memberi dampak global, termasuk pada even MotoGP 2022.

Klaim ini disampaikan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, menanggapi ‘kacaunya’ pelaksanaan MotoGP Argentina 2022. Balapan Seri ke-3 MotoGP 2022 ini harus melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan situasi yang terjadi akibat keterlambatan logistic para peserta.

Pada perkembangan terkini MotoGP Argentina 2022 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, dipastikan akan menghilangkan sesi latihan bebas pertama. Sesi ini seharusnya dilakukan pada Jumat (1/4/2022).

Ezpelera menyatakan dalam masalah ini Dorna sudah berusaha mencari pesawat kargo tambahan untuk membawa kargo logistic miluk tim peserta. Barang-barang yang dibutuhkan diketahui tertahan di Mombasa, Kenya. Namun Dorna kesulitan karena tidak ada pesawat kargo yang tersedia.

Dorna disebutkan mengalami kesulitan mencari pesawat kargo cadangan. Hal ini karena 20 persen perusahaan kargo di dunia berasal dari Rusia, yang sedang dalam embargo. Sehingga tidak ada pesawat yang bisa disewa dalam waktu cepat. Perang Rusia-Ukraina pada akhirnya mendampak pada pelaksanaan MotoGP saat ini.

BACA JUGA: Logistik Terlambat, MotoGP Argentina 2022 Hilangkan Sesi Latihan Bebas Pertama

“Kami sudah belajar banyak dalam 30 tahun terakhir dalam menjalankan MotoGP mengenai penerbangan kargo. Masalah ini muncul karena perang Rusia vs Ukraina. Banyak penerbangan untuk kargo berasal dari perusahaan Rusia dan semua penerbangan ini dilarang saat ini,” ucap Ezpeleta.

“Kami kehilangan hampir 20 persen penerbangan yang tersedia di dunia, dan masalah terbesar saat ini adalah tidak ada penerbangan lain tersedia, karena menurut kami, kami punya waktu yang cukup dari Rabu lalu hingga sekarang untuk menyelesaikan masalah,” tambah Ezpeleta.

Jadwal MotoGP Mandalika dan MotoGP Argentina menurut Ezpeleta juga tidak ada masalah sebenarnyua. Meski jaraknya jauh, Dorna sebenarnya punya waktu lebih dari sepekan untuk mengangkut kargo logistic para peserta ke Argentina.

“Ini kasus pertama, mungkin kami perlu mempertimbangkan kembali dan memastikan juga ketika kami memiliki balapan back-to-back, tapi kali ini bukan jeda seminggu di tengah [antara Indonesia dan Argentina] balapan. Sayangnya kami tidak dapat menyelesaikan situasi untuk menghindari masalah ini,” timpal Ezpeleta.

“Kami sudah memiliki 499 Grand Prix yang kami selenggarakan dan untungnya ini kali pertama kami mengalami masalah ini, dan jujur jika dilihat secara keseluruhan ini tidak baik, tetapi kami siap untuk menerima hal-hal semacam ini,” tutupnya.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: Motorsport

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.