Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Beda Nasib Petahana di Pilkades Loram Kulon dan Hadiwarno Kudus

Rekap penghitungan suara Pilkades Hadiarno, Kabupaten Kudus, Rabu (30/3/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Dua petahana kepala desa kembali mencalonkan diri saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di delapan desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022) kemarin.

Dua petahana itu yakni M Syafi’i yang kembali maju di Pilkades Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, dan Sugiarto di Desa Hadiwarno, Kecamatan Mejobo.

Dalam pemilihan, mereka berdua sama-sama melawan dua calon baru. Namun sayangnya, keduanya bernasib beda.

Sugiarto terpilih kembali menjadi kepala desa di Hadiwarno, sedangkan Syafi’i harus rela meninggalkan jabatan kades Loram Kulon setelah dikalahkan oleh calon baru, Taslim.

Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus Dian Noor Tamzis menyampaikan, di Pilkades kemarin memang didominasi calon-calon baru.

Baca: Ini Nama-Nama Pemenang Pilkades di Kudus

Sementara petahana hanya ada di Loram Kulon dan Hadiwarno. “Ya seperti diketahui bersama, nasibnya beda, yang satu kalah yang satu menang,” katanya, Kamis (31/3/2022).

Untuk Sugiarto di Pilkades Hadiwarno, berhasil menang dengan meraup suara mencapai 1.980, atau selisih 167 suara dari calon lainnya, Rokhani. Satu calon lain mundur dalam pemilihan.

Baca: Pemenang Pilkades di Kecamatan Jati, Dawe dan Undaan Kudus

Sementara untuk Syafi’i di Pilkdaes Loram Kulon, Dian mengatakan jika yang bersangkutan harus puas menduduki posisi nomor dua dengan 1.920 suara. Perolehan tersebut, memiliki selisih 1.065 suara dari penantang baru Taslim yang meraup 2.985 suara.

“Bagaimanapun Pilkadesnya telah berakhir, kami imbau kepada semua calon yang menang maupun yang kalah untuk tidak memprovokasi satu sama lainnya, tetap menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing,” pungksnya.

Sebagai informasi, berikut adalah daftar pemenang Pilkades 30 Maret 2022 Kabupaten Kudus.

DESA/KECAMATAN PEMENANG SUARA
Langgardalem/Kota Khoirul Amin 488
Kaliputu/Kota Widyo Pramono 1.009
Mejobo/Mejobo Sueb Jamaludin 3.064
Hadiwarno/Mejobo Sugiarto 1.980
Kirig/Mejobo (Pilkades PAW) Aristiana Tejo Birowo 73
Loram Kulon/Jati Taslim 2.985
Ternadi/Dawe Arif Wahono 1.192
Undaan Lor/Undaan Nurul Qomar 2.904

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.