Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tips Buka Puasa Bagi Pengidap Diabetes dari IDI Kudus

Ilustrasi

MURIANEWS, Kudus – Pengidap diabetes harus mengatur makanan untuk menghindari hal buruk. Begitu juga saat berpuasa, jenis makanan dan minuman pun harus diatur. Hal ini perlu dilakukan agar kandungan gula darah tidak tinggi.

Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus, dokter Dony Wicaksana mengatakan, pengidap diabetes dianjurkan untuk mengendalikan asupan tubuh.

“Sebenarnya boleh mau makan atau minum manis. Asalkan tetap tahu takarannya. Tetapi memang ada makanan atau minuman yang kadar gulanya tinggi yang sebaiknya dihindari,” katanya, Rabu (30/3/2022).

Baca: Mahasiswa Unisnu Temukan Obat Diabetes dari Tanaman Liar

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari yakni buah mangga, buah nangka, dan air tebu. Ketiganya memiliki kadar gula yang tinggi.

“Kalau yang dianjurkan itu buah apel, pisang, pepaya, melon. Karena kadar gulanya lebih rendah,” sambungnya.

Dokter Dony melanjutkan, pengidap diabetes yang doyan makan kurma juga dipersilahkan. Akan tetapi kurma yang dimakan tidak boleh lebih dari tiga biji.

“Karena perlu diketahui ya tujuh biji kurma itu setara dengan satu porsi nasi,” ungkapnya.

Baca: Labu Kuning, Bahan Kolak saat Buka Puasa yang Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Perihal waktu konsumsi berbuka puasa juga tidak ada ketentuan secara khusus. Dia justru menyarankan agar langsung berbuka puasa.

“Karena saat puasa itu tubuh kehilangan energi. Setelah berbuka segera minum obat diabetes dan jangan lupa untuk sering kontrol ke dokter,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...