Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemerintah Bagikan STB Gratis secara Door To Door, Ditunggu Saja ya

Salah satu mesin STB untuk menangkap siaran TV digital untuk TV analog. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus- Set Top Box atau STB adalah perangkat tambahan yang dipasang pada TV analog supaya bisa menikmati siaran TV digital. Siaran TV analog dalam waktu dekat akan beralih ke penyiaran TV digital.

Ini, setelah Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mematikan siaran TV analog di 166 kabupaten/kota, mulai 30 April 2022.

Kebijakan ini akan berlanjut ke kabupaten kota lainnya secara bertahap. Tahap kedua pada 25 Agustus 2022 dan tahap ketiga atau paling akhir 2 November 2022.

Baca juga: Cari Set Top Box TV Digital Terbaik dan Murah? Ini Rekomendasinya

Terkait dengan kebijakan itu, pemerintah akan membagikan STB gratis kepada rumah tangga miskin agar bisa menikmati siaran TV digital. Distribusi perangkat set top box (STB) gratis terkait analog switch off (ASO) tahap I dilaksanakan pada 15 Maret hingga 30 April 2022. Pembagiannya akan dilakukan secara langsung dari pintu ke pintu atau door to door.

“Proses distribusi set top box untuk rumah tangga miskin dilakukan secara door to door ke penerima yang proses verifikasi dan validasi data penerima bantuan akan dilakukan bersamaan. Yakni pada saat distribusi dan instalasi yang direncanakan 15 Maret sampai 30 April 2022,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo) Johnny G. Plate dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR, Selasa (22/3/2022), seperti dikutip dari Solopos.com.

Menkominfo Johnny mengatakan, program pembagian untuk analog switch off (ASO) tahap 1 itu meliputi 56 wilayah siaran di 166 kabupaten kota. “Tahap 2 di 31 wilayah siaran di 110 kabupaten kota, dan tahap 3, 25 wilayah siaran di 65 kabupaten kota,” jelas dia.

Sejauh ini, lanjutnya, masih ada kebutuhan STB untuk tahap 2 dan 3, di mana tahap 2 masih membutuhkan 152.565 unit serta 1.369.611 unit STB untuk tahap 3. Oleh sebab itu, Johnny mengatakan pihaknya terus mencari jalan keluar agar kebutuhan STB dapat terpenuhi.

“Kita terus cari jalan keluarnya pemenuhan kebutuhan belum tersedia di dalam anggaran pemerintah,” tutup Johnny.

Untuk diketahui set top box digunakan untuk bisa menikmati siaran TV digital tanpa harus mengganti perangkat TV analog yang dimiliki oleh masyarakat.

Saat rapat di Komisi I beberapa waktu lalu, Kominfo juga telah menjelaskan mekanisme pemberian STB. Pertama, STB akan dikirimkan ke lokasi kabupaten/kota pada gudang penyelenggara Pos/Logistik. Kemudian, pengriman dengan mekanisme door to door akan dilakukan.

Petugas akan melakukan verifikasi dan validasi Data Penerima Bantuan dengan KTP atau KK dan kepemilikan TV. Jika sesuai, maka akan melakukan serah terima bantuan STB dan instalasi perangkat. Hal ini pun akan dilakukan hingga bisa beroperasi serta berfungsi dengan baik.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.