Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kena TBC? Berobat di Rumah Sakit dan Puskesmas Kudus Gratis

Ilustrasi. (Freepik)

MURIANEWS, Kudus – Penderita TBC (Tuberkulosis) di Kabupaten Kudus dapat memanfaatkan pengobatan gratis di rumah sakit dan puskesmas di Kota Kretek. Pengobatan gratis itu berlaku enam bulan dengan opsi perpanjangan tambahan dua bulan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Darsono mengatakan, ada tujuh rumah sakit di Kudus yang melayani pengobatan TBC secara gratis. Hal itu seiring arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Di Kudus ada tujuh rumah sakit. Di antaranya RSUD Loekmono Hadi, RS Mardirahayu, RS Aisyiyah, RS Kartika Husada, RS Kumala Siwi, RSI Sunan Kudus, dan RS Nurussyifa,” katanya, Rabu (23/3/2022).

Selain pengobatan TBC gratis di tujuh rumah sakit, pihaknya juga menjelaskan ada 19 puskesmas di Kota Kretek yang juga melayani pengobatan TBC gratis.

Baca: Puluhan Orang di Kudus Positif TBC, Tiga Meninggal

Durasi pelayanan pengobatan gratis di puskesmas juga enam bulan dengan opsi perpanjangan dua bulan.

“Obatnya gratis selama enam bulan. Tidak harus memakai BPJS Kesehatan. Misal enam bulan belum sembuh, ada tambahan dua bulan lagi,” terangnya.

Darsono berharap penderita TBC di Kudus dapat memanfaatkan layanan ini. Sehingga penderita TBC di Kudus bisa sembuh.

“Harapannya warga pengidap TBC di Kudus bisa segera sembuh dan Kudus menjadi kota sehat,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...