Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bingung Mau Live Streaming via Facebook? Begini lho Caranya

Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Facebook atau FB adalah salah satu jenis media sosial yang punya banyak penggunanya di Indonesia. Sejumlah keunggulan dan kemudahan yang dalam FB menjadi salah satu daya tariknya.

Misalnya, pengguna FB bisa mengunggah banyak foto atau video dalam sekali unggahan. Hal ini tidak didapat dalam media sosial lainnya.

Selain itu, Facebook juga memiliki fitur untuk live streaming atau siarang langsung. Untuk memanfaatkan fitur live streaming di Facebook bukan hal yang sulit dan bisa dilakukan dengan mudah.

Baca juga: Data Pengguna Facebook di Indonesia yang Bocor Bisa Dicek Langsung, Begini Caranya

Meski demikian, banyak pengguna Facebook yang masih bingung cara melakukan live streaming ini. Nah berikut ini, ada cara mudah supaya bisa live streaming via Facebook, seperti dikutip dari Solopos.com, Selasa (22/3/2022).

Untuk melakukan live streaming di FB, Anda bisa menggunakan handphone (HP) atau laptop yang dilengkapi kamera. Kegiatan ini tanpa perlu tambahan aplikasi apapun.

Agar live streaming berjalan lancar sebaiknya menggunakan aplikasi Facebook reguler jangan Facebook Lite. Kemudian pastikan jaringan atau koneksi internet yang digunakan tanpa gangguan.

Berikut langkah live streaming menggunakan handphone. Buka akun FB di halaman beranda klik atau ketuk menu siaran langsung dengan klik gambar kamera berwarna merah. Setelah itu Facebook akan meminta izin untuk mengakses kamera dan juga microfon. Klik tombol Izinkan.

Kemudian Anda juga bisa memilih kamera yang ingin digunakan untuk merekam video siaran langsung, bisa dengan kamera depan ataupun kamera belakang. Caranya tinggal klik icon kamera di pojok kanan bawah.

Anda juga dapat menambahkan filter, menandai teman dan juga mengatur privasi. Apabila semua persiapan sudah selesai, tinggal klik tombol Mulai Video Siaran Langsung.

Selain menggunakan HP, Anda juga bisa live streaming di FB menggunakan laptop yang dilengkapi kamera. Buka facebook.com/live/producer, pilih di mana akan menyiarkan live streaming. Pilih Siarkan Langsung lalu ketuk.

Tentukan sumber video di Penyiapan Streaming. Anda bisa menggunakan kamera desktop/laptop atau kode streaming. Ketuk Berikutnya setelah selesai memilih. Bagian Buat Postingan memungkinkan Anda memilih pemirsa, judul, dan deskripsi untuk postingan.

Di bagian ini, Anda juga bisa menandai teman, singgah ke lokasi, menambahkan perasaan atau aktivitas. Ketuk Berikutnya jika sudah selesai. Anda juga bisa menambahkan interaktivitas lain seperti Poling, Pertanyaan, atau Grafis.

Ketuk judul setiap opsi untuk memperluas menu pilihan, yang membuka opsi masing-masing. Klik tombol Siarkan Langsung di kiri bawah layar jika Anda siap.

Selamat mencoba.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.